Yamaha

Waspada Reinfeksi, Penyintas Covid-19 Harus Tetap Jaga Prokes

  Selasa, 09 Maret 2021   Heru Rukanda
Ilustrasi (Pixabay)

INDIHIANG, AYOTASIK.COM -- Dinas Kesehatan Kota Tasikmalaya mencatat setidaknya ada 5 kasus reinfeksi dari kasus Covid-19 yang terjadi di Kota Tasikmalaya.

Mereka yang reinfeksi merupakan pasien yang sudah dinyatakan sembuh dari Covid-19 tapi kembali tertular virus Corona.

"Kasus reinfeksi yang tercatat di Dinas Kesehatan Kota Tasikmalaya itu ada 5 orang. Memang tidak banyak kasusnya tapi mengkhawatirkan," ujar Kepala Bidang Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan Kota Tasikmalaya Asep Hendra Hendriana, Selasa (9/3/2021).

Menurutnya, kasus reinfeksi tersebut tidak begitu banyak, tapi gejala yang dirasakan oleh pasiennya tidak lagi ringan dan biasanya bergejala sedang dan berat.

"Alhamdulillah tidak terlalu banyak karena kalau terlalu banyak kita agak ngeri. Karena serangan ke 2 itu gejalanya tidak ringan," ucapnya.

Ia menjelaskan, pasien dengan reinfeksi Covid-19 memiliki risiko yang sama dengan pasien baru. Hanya saja, karena sebelumnya memang sudah terpapar sehingga gejala yang dirasakan itu sedang dan berat. Terpaparnya kembali oleh virus diduga lantaran abai dalam menerapkan protokol kesehatan.

"Reinfeksi ini yang harus diwaspadai oleh para penyintas Covid-19. Sehingga harus benar-benar menjaga protokol kesehatannya," kata dia.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar