Yamaha

Klaster Sekolah Muncul di Kota Tasikmalaya

  Jumat, 12 Maret 2021   Heru Rukanda
Kepala Bidang Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan Kota Tasikmalaya Asep Hendra Hendriana. (Ayotasik.com/Heru Rukanda)

BUNGURSARI, AYOTASIK.COM -- Klaster pendidikan muncul kembali di Kota Tasikmalaya. Jika sebelumnya ada klaster pesantren, kini ada klaster sekolah.

Kepala Bidang (Kabid) Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan Kota Tasikmalaya Asep Hendra Hendriana mengatakan, ada kasus terkonfirmasi positif Covid-19 baru yakni klaster pendidikan sekolah di Kota Tasikmalaya.

"Ada 20 kasus terkonfirmasi positif Covid-19 di salah satu sekolah di wilayah Kecamatan Tamansari," ujar Asep, Jumat (12/3/2021).

Menurutnya, awal mula munculnya klaster pendidikan tersebut ada seorang guru yang terpapar Covid-19, tapi dirinya tidak mengetahui kalau dirinya positif Covid-19. Kemudian menular ke pelaksana tata usaha (TU) sekolah dan guru yang lain.

"Karena curiga sehingga dilakukan pemeriksaan Swab dan ternyata terkonfirmasi positif Covid-19," ucapnya.

Asep menuturkan, pihaknya kemudian melalukan tracing dan diperoleh sekira 50 orang kontak erat. Semuanya dilakukan pemeriksaan Swab dan hasilnya 18 orang terkonfirmasi positif Covid-19.

"Yang positif itu ada guru, siswa, dan kepala sekolahnya juga. Ya, namanya tatap muka sama halnya di pesantren. Kan tatap muka itu risikonya," tuturnya.

Ia menuturkan, selain klaster pendidikan, ada juga klaster perumahan sebanyak 21 kasus di wilayah Kecamatan Mangkubumi, Kota Tasikmalaya.

"Jadi pada hari Kamis memang ada lonjakan kasus baru. Jumlahnya mencapai 96 kasus. Itu dari klaster pendidikan 20 kasus, klaster perumahan 21 kasus, klaster keluarga 14 kasus, dan dari kontak erat dengan pasien terkonfirmasi positif Covid-19 sebanyak 41 kasus," tandasnya.

Sementara itu, berdasarkan data Dinas Kesehatan Kota Tasikmalaya, hingga Jumat (12/3/2021) total kasus terkonfirmasi positif Covid-19 jumlahnya mencapai 4.558 kasus, dengan kasus aktif sebanyak 278 kasus.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar