Alumni Pesantren Cipasung Banyak Duduki Posisi Penting

  Selasa, 16 Maret 2021   Irpan Wahab Muslim
Pesantren Cipasung, Tasikmalaya.

SINGAPARNA, AYOTASIK.COM -- Berdiri sejak tahun 1931, Pesantren Cipasung, Desa Cipakat, Kecamatan Singaparna, Kabupaten Tasikmalaya sudah menghasilkan puluhan ribu alumni. Dari jumlah itu, banyak yang menduduki posisi penting, baik dalam bidang keagamaan, politik, maupun pemerintahan.

Di bidang keagamaan, banyak para alumni yang menjadi tokoh atau kiai di wilayahnya. Selepas menimba ilmu di Pesantren Cipasung, mereka kembali ke wilayahnya dan membuka pondok pesantren.

"Banyak alumni dari Cipasung yang membuka pesantren di wilayahnya, mungkin sudah ribuan alumni yang sekarang jadi tokoh agama," ucap salah satu keluarga pesantren Cipasung Hariyadi Ahmad Satari, Selasa (16/3/2021).

Selain di bidang keagamaan, banyak juga alumni Pesantren Cipasung yang berkiprah di dunia politik dan pemerintahan. Di antaranya Ketua Fraksi PKB DPR RI Cucun Ahmad Syamsujial, Mantan Bupati Karawang Ahmad Zamakhsyari atau Kang Jimmy.

"Banyak yang menduduki posisi di perpolitikan dan pemerintahan baik di tingkat pusat maupun daerah. Termasuk Sekda Kabupaten Tasik saat ini, Pak Muhammad Zen, itu alumni juga ," ucap Heriyadi.

Para alumni itu, lanjut Heriyadi, seringkali berkunjung silaturahmi ke Pesantren Cipasung. Terutama saat haul K.H. Ruhiat dan K.H. Ilyas Ruhiat yang rutin dilaksanakan setiap tahun.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar