Yamaha

Melawan Dinginnya Malam Dengan Sakoteng Ronde Cihideung

  Kamis, 18 Maret 2021   Heru Rukanda
Sakoteng Ronde di di Jalan Cihideung, Kota Tasikmalaya. (Ayotasik.com/Heru Rukanda)

CIHIDEUNG, AYOTASIK.COM -- Sakoteng merupakan minuman tradisional yang berbahan jahe. Minuman tersebut pas di minum saat cuaca dingin terutama malam hari. Salah satu minuman tradisional ini bisa ditemukan di sejumlah daerah, tidak terkecuali di Kota Tasikmalaya.

Tepatnya di Jalan Cihideung, sakoteng ronde bisa ditemukan di Kota Tasikmalaya. Dengan gerobak di atas mobil bak terbuka, sakoteng ronde ini mangkal setiap malam sejak pukul 17. 30 WIB hingga pukulĀ 01.00 WIB.

Sakoteng ronde Cihideung ini, dalam satu mangkoknya berisi sakoteng, cangkaleng, roti tawar, susu, gula pasir, dan tentunya ronde.

Ronde sendiri merupakan makanan berbentuk bulat terbuat dari tepung ketan berisi kacang dan gula merah.

Pedagang sakoteng ronde Cihideung, Endang Daryono (58) mengatakan, sakoteng ronde Cihideung sudah ada sejak tahun 1960.

"Kala itu yang pertama berjualan adalah uwa saya. Masih ditanggung. Jualannya di Jalan Cihideung sehingga disebut sakoteng ronde Cihideung," ujar Endang, Kamis (18/3/2021).

Bersama keponakannya, Ateng Wahyudi (50) Endang mulai menjajakan sakoteng ronde sejak pukul 17.30 WIB. Ia menjelaskan bahwa minuman sakoteng rondenya terbuat dari air jahe emprit. Sebelum direbus, jahe tersebut dibakar terlebih dahulu kemudian ditumbuk lalu direbus.

"Sehari itu antara 6 sampai 8 kilo jahe emprit yang dibuat sakoteng untuk 2 buah jemblung (panci besar),"ucapnya.

Untuk harga satu mangkuk sakoteng ronde Cihideung ini dibadrol Rp12 ribu. Rasanya yang hangat khas aroma jahe dan empuknya ronde, membuat minuman tradisional ini banyak diminati di Kota Tasikmalaya.

Minuman tradisinal ini pun dipercaya memiliki khasiat untuk menjaga kesehatan dan kehangatan tubuh, mencegah masuk angin, dan memperlancar pencernaan.

Jadi, dari pada meminum minuman keras (beralkohol) untuk menghangatkan badan, lebih baik minum sakoteng ronde karena bisa menghangatkan dan tentunya menyehatkan.

  Tags Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar