Yamaha

Satpol PP Kabupaten Tasik Amankan Ribuan Botol Miras

  Senin, 05 April 2021   Irpan Wahab Muslim
Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Tasikmalaya

SINGAPARNA, AYOTASIK.COM - - Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Tasikmalaya berhasil mengamankan ribuan botol minuman keras (miras) berbagai merek di dan miras oplosan dari kawasan Pantai Cipatujah.

Selain mengamankan ribuan botol miras, Satpol PP juga mendata sejumlah pihak yang memiliki keterkaitan dengan keberadaan miras tersebut, baik penjual, pembeli, maupun pihak suplier.

Ribuan botol miras itu didapatkan saat operasi Praja Wibawa yang digelar dalam upaya penegakan Peratudan Daerah (Perda). Selain itu, operasi digelar menjelang bulan suci Ramadan yang tinggal beberapa hari lagi.

“Ternyata di wilayah Cipatujah kami menemukan peredaran miras dalam jumlah besar. Semua kami amankan sebagai barang bukti," kata Kabid Penegakan Perda Engkos Koswara, Senin (5/4/2021).

Seluruh barang bukti yang telah diamankan, lanjut Engkos, akan dimusnahkan sebelum memasuki bulan Ramadan. Adapun sanksi untuk pemilik miras, Satpol PP mengacu kepada standar operasional prosedur (SOP) sesuai Permendagri nomor 54/2011 tentang SOP Satpol PP.

"Para pemilik  sudah membuat pernyataan untuk tidak melakukan perbuatan serupa. Kami akan awasi selama 15 hari," ujar Engkos.

Jika dalam kurun waktu selama 15 hari itu kembali ditemukan melakukan perbuatan yang sama, mereka akan dikenakan Pasal 41 ayat 1 junto Pasal 19 ayat 2 huruf a Perda nomor 3/2014 tentang Ketentraman dan Ketertiban Umum (Tantribum).

"Terduga pelanggar pasal tersebut diancam paling lama enam bulan kurungan atau denda maksimal Rp 50 juta," ucap Engkos.

  Tags Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar