Yamaha

Panitia Pilkades Sediakan Bilik Khusus bagi Pemilih dengan Suhu Tubuh di Atas 37,5 Derajat Celcius

  Kamis, 08 April 2021   Heru Rukanda
Petugas keamanan Pilkades Serentak 2021 nampak berjaga di depan pintu masuk ke TPS 09 di Kampung Panembong Kaler, Desa Manggungsari, Kecamatan Rajapolah, Kabupaten Tasikmalaya, Kamis, 8 April 2021. (AyoTasik.com/Heru Rukanda)
RAJAPOLAH, AYOTASIK.COM -- Ada yang berbeda dalam pelaksanaan pemilihan kepala desa (pilkades) serentak tahun 2021 ini. Panitia penyelenggara pemungutan suara tidak hanya menyediakan bilik suara seperti pada umumya, tapi menyediakan bilik khusus yang masih berada di sekitar areal tempat pemungutan suara (TPS).
 
Bilik khusus tersebut diperuntukkan bagi calon pemilih yang suhu tubuhnya di atas 37,5 derajat celcius dan terpisah dari bilik suara lainnya. 
 
Pantauan AyoTasik.com di TPS 09 Kampung Penembong Kaler, Desa Manggungsari, Kecamatan Rajapolah, Kabupaten Tasikmalaya, para calon pemilih yang datang ke TPS, diharuskan untuk mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir yang telah disediakan panitia.
 
Di samping itu, sebelum memasuki TPS, para calon pemilih diperiksa suhu tubuhnya dengan thermogun oleh petugas dan diminta untuk memakai masker dengan benar, yakni menutup bagian mulut dan hidung. “Jadi, kalau suhu tubuh calon pemilih di atas 37,5 derajat, maka diarahkan ke bilik khusus,” ujar Ketua  pemungutan suara di TPS 09, Erik, Kamis, 8 April 2021.
 
Menurutnya, dalam pelaksanaan pemungutasn suara di TPS, pihaknya menerapkan protokol kesehatan dengan ketat, guna mengantisipasi penularan atau penyebaran Covid-19 di TPS. “Ada 3 calon yang ikut dalam kontestasi pilkades Manggungsari ini,” ucapnya.
 
Salah seorang warga, Eris (35) mengatakan, para calon pilkades kali ini semuaya baru. Ke 3 calon tersebut adalah Ahmad Hidayat, Ucu Komar Awaludin, dan Toni Patoni. “Kurang tahu Kang kenapa kades yang lama gak ikut lagi,” ujarnya.
 
Sejauh ini, pelaksanaan pemungutan suara masih berjalan aman dan tertib, dengan pengamanan dari pihak kepolisian, TNI, dan linmas.

  Tags Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar