Yamaha

Pilkades Serentak di Kabupaten Tasik Sesuai Prokes

  Kamis, 08 April 2021   Irpan Wahab Muslim
Pilkades Serentak di Kabupaten Tasikmalaya. (Ayotasik.com/Irpan Wahab Muslim)

SUKARAME, AYOTASIK.COM -- Kepala Desa (Pilkades) di 73 desa se-Kabupaten Tasikmalaya berlangsung serentak, Kamis (8/4/2021). Sebanyak 73 desa tersebut tersebar di 35 kecamatan.

Plh Bupati Tasikmalaya, Muhammad Zen menyadari besarnya tanggung jawab yang diembannya. Pasalnya jauh hari Mendagri telah menekankan pemerintah daerah bertanggung jawab atas kelancaran penyelenggaraan Pilkades serentak di masing-masing wilayahnya.

"Dari tinjauan kami, pelaksaanaan Pilkades di Kabupaten Tasikmalaya semuanya utuh dengan penerapan protokol kesehatan secara lengkap," terang Zen.

Penerapan protokol kesehatan memang menjadi pembeda antara Pilkades 2021 dengan Pilkades sebelumnya. Yakni berkaitan dengan pandemi Covid-19, sehingga perlu kewaspadaan ekstra agar pandemi tidak kian meluas.

Dari setiap TPS yang dikunjungi, standar protokol kesehatan Covid-19 terpenuhi. Sebelum masuk TPS, pemilih mencuci tangan terlebih dahulu, kemudian menggunakan hand sanitizer.

Pemilih juga menjalani pemeriksaan suhu tubuh. Bagi pemilih dengan suhu di atas 37 derajat, panitia Pilkades mengarahkannya ke bilik suara khusus, yang terpisah dari bilik suara lainnya.

"Pemilih yang lupa membawa maskes juga dikasih, karena sudah disiapkan oleh panitia. Jarak sesuai peraturan. Jadi, 3M sudah terpenuhi secara utuh," tambah Zen.

Atas dasar tersebut, Zen meyakini Pilkades serentak di Kabupaten Tasikmalaya akan terhindar dari paparan Covid-19.

Melalui setiap tingkatan tim koordinasi itulah pemerintah daerah menyampaikan arahannya secara utuh. Termasuk ketentuan-ketentuan dari pemenuhan tahapan yang harus dilaksanakan.

"Ini adalah sebuah rangkaian yang sudah dipersiapkan secara utuh. Anggaran pun kami dari Pemda sudah memberikan bantuan. Adapun untuk memenuhi fasilitas penunjang protokol kesehatan, dananya dari APBDes," tandas Zen.

  Tags Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar