Yamaha

4 Tips Berjalan Kaki untuk Turunkan Berat Badan

  Jumat, 09 April 2021   Republika.co.id
Berjalan Kaki. (istockphoto)

TASIKMALAYA, AYOTASIK.COM -- Bila dibandingkan dengan olahraga lain seperti berlari atau bersepeda, berjalan kaki mungkin tampak tidak begitu berat untuk dilakukan. Namun bila dilakukan dengan cara yang benar, berjalan kaki dapat membantu proses penurunan berat badan.

Setidaknya ada empat hal yang dapat dilakukan untuk memaksimalkan dampak berjalan kaki terhadap penurunan berat badan. Berikut ini adalah keempat hal tersebut, seperti dilansir EatThis, Jumat, 9 April 2021.

1. Setelah Makan
Studi dalam jurnal Diabetologia pada 2016 mengungkapkan bahwa pemilihan waktu untuk berjalan kaki juga penting, khususnya untuk mengatur kadar gula darah. Menurut studi ini, berjalan kaki 10 menit setelah menyantap makan besar dapat membantu menurunkan kadar gula darah lebih baik pada penyandang diabetes mellitus tipe 2 dibandingkan berjalan kaki 30 menit pada waktu lain.

Ahli gizi Melissa Rifkin MS RDN CDN menyatakan bahwa kontrol kadar gula darah penting bagi penyandang diabetes maupun non penyandang diabetes. Kadar gula darah yang baik juga dapat membantu proses penurunan berat badan jadi lebih mudah.

Tak hanya itu, berjalan kaki juga dapat membantu meningkatkan pebakaran kalori. Kegiatan ini juga turut mendorong tubuh untuk menggunakan lemak sebagai sumber energi.

2. Di Siang Hari
Menurut studi dalam jurnal Physiological Reports pada 2020, berjalan kaki di siang hri dapat meningkatkan pembakaran lemak. Menurut studi ini, laki-laki obesitas yang berolahraga di siang hari tak hanya membakar lebih banyak lemak tetapi juga memiliki kadar gula darah yang lebih baik. Mereka juga menjadi lebih jarang untuk mengalami resistensi insulin dalam kurun waktu 12 pekan bila dibandingkan dengan orang yang berolahraga di pagi hari.

3. Tanjakan
Kepala Nutrisi Nucific Dr Amy Lee mengungkapkan bahwa berjalan kaki 10.000 langkah per hari dapat membantu menjaga berat badan. Akan tetapi, perlu 5.000 langkah lebih banyak untuk menurunkan berat badan. Berjalan kaki di medan yang menanjak turut membantu memperbesar jumlah kalori yang dibakar ketika berjalan kaki.

4. Bersama Orang Lain
Memiliki teman berolahraga akan membuat kegiatan tersebut terasa lebih mudah dilakukan. Selain itu, studi dalam jurnal Nature Communications pada 2017 mengungkapkan bahwa keberadaan temanĀ  akan mendorong seseorang untuk melakukan olahraga dengan lebih keras dan lebih lama dibandingkan berolahraga sendiri.

  Tags Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar