Yamaha

Pesantren Darussalam, Berawal dari Kandang Ayam

  Senin, 12 April 2021   Irpan Wahab Muslim
Pondok Pesantren Darussalam di Desa Tanjungpura, Kecamatan Rajapolah, Kabupaten Tasikmalaya. (Ayotasik.com/Irpan Wahab Muslim)

RAJAPOLAH, AYOTASIK.COM -- Pendirian Pondok Pesantren Darussalam yang berada di Desa Tanjungpura, Kecamatan Rajapolah, Kabupaten Tasikmalaya bersamaan dengan proses pendirian Pendidikan Formal Menengah SMP Terpadu Darussalam.

Berdirinya pondok Pesantren Darussalaman itu, bermula dari sebuah kandang ayam yang berkapasitas 3000-3500 ekor pada 23 maret 2007. Dengan izin Allah dan dukungan kuat dari masyarakat serta cita – cita tinggi dari Pendiri Pondok Pesantren dalam waktu yang relatif sangat singkat kira-kira empat bulan masyarakat berjibaku membangun dengan tanpa upah.

Kandang ayam tersebut menjelma menjadi sebuah Pesantren dan lembaga Pendidikan Formal Menengah SMP Terpadu Darussalam seperti harapan masyarakat. 

Kata Darussalam bagi nama Pesantren diambil dari sebuah harapan besar Pendiri Pondok kelak Pesantren tersebut menjadi pesantren kebanggaan seperti Pondok Modern Darussalam Gontor Jawa Timur yang menjadi almamaternya.

Kedua, makna dari Darussalam berarti Kampung Damai diharapkan Pesantren Darussalam mempunyai peran besar dalam kehidupan masyarakat di Indonesia yang membawa kedamaian.

Ketiga, dengan tidak merendahkan nama Darussalam diambil dari kata yang mudah dicerna oleh masyarakat. Sesuai dengan asal mulanya tempat dari kandang ayam, Darul Ayam menjadi Darussalam serta Kampung Damai.

Dengan berpijak kepada pokok ajaran Islam dan ukhuwah islamiyah dengan pola keterpaduan, kurikulum di pesantren Darussalam menerapkan kurikulum KMI Gontor, Salafiyah dan Pendidikan Formal Menengah dibawah Kementrian Pendidikan dengan system Boarding School yang mengonsetrasikan belajar 24 jam di asrama.

Dengan didasari Panca Jiwa Pondok yakni Keikhlasan, Kesederhanaan, Kemandirian, Ukhuwah Islamiyah dan Kebebasan dan Motto Pondok Pesantren Darussalam adalah berbudi Tinggi, berbadan sehat, berpengetahuan luas dan berfikiran bebas.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar