Yamaha

21 Calkades Petahana Tumbang di Pilkades Serentak Tasikmalaya

  Selasa, 13 April 2021   Irpan Wahab Muslim
Ilustrasi -- Pilkades Serentak di Kabupaten Tasikmalaya. (istimewa)

SINGAPARNA, AYOTASIK.COM -- Dari 73 desa yang melaksanakan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak Kamis, 8 April 2021 lalu, sebanyak 21 calon kepala desa petahana tumbang alias kalah. Sementara sebanyak 47 orang calon kades pendatang baru berhasil terpilih menjadi kades dan 25 orang petahana juga berhasil kembali terpilih.

Kasubag Pemerintahan Desa (Pemdes) Setda Kabupaten Tasikmalaya Amang Budiaman menjelaskan, dari 73 petahana calon kepala desa yang ikut serta di Pilkades serentak 2021, sebanyak 21 orang calon Petahana kalah.

Sementara itu, lanjut Amang, sebanyak 25 orang petahana masih tetap menang di Pilkades serentak. Jadi jumlah seluruh petahana yang ikut Pilkades di Kabupaten Tasikmalaya itu ada 46 orang.

"Sisanya 47 kepala desa terpilih adalah pendatang baru yang ikut di Pilkades serentak. Bahkan di beberapa desa yang mengalahkan para calon kades petahana," kata Amang, Selasa, 13 April 2021.

Salah satu contohnya, ungkap Amang, calon kepala desa petahana yang kalah di Pilkades serentak ini seperti di Desa Sukaherang Kecamatan Singaparna yakni Nana Heryana yang kalah oleh Hj Euis Rukiyah.

Kemudian, lanjut Amang, di Desa Sukamulya Kecamatan Singaparna Akos Koswara kalah oleh Anzil Hidayat. Desa Sukapancar Kecamatan Sukaresik Agus Gunawan kalah oleh Arief Taufiq Rahmat.

Desa Pameutingan Kecamatan Cipatujah Undang Nasihin petahana kalah oleh Majang Dodi Budiana. Desa Margalaksana Kecamatan Sukaraja Ajat Sudrajat kalah oleh Jaja Hidayat.

Kemudian untuk petahana yang kembali menang, kata Amang, seperti di Desa Pamoyanan Kecamatan Kadipaten oleh Ana Nugraha. Desa Parung Kecamatan Cibalong Karsono. Desa Setiawangi Kecamatan Jatiwaras Emil Fahmi.

"Pada intinya masih banyak petahana yang menang sebanyak 25 orang dibanding petahana calon kepala desa yang kalah sebanyak 21 orang. Dan untuk kepala desa yang terpilih di Pilkades serentak ini banyak dimenangkan oleh pendatang baru sebanyak 47 orang dibanding petahana yang menang," ucap Amang.

Kabag Pemerintahan Desa (Pemdes) Setda Kabupaten Tasikmalaya Zaenal Purkon menambahkan pada umumnya Pilkada serentak di Kabupaten Tasikmalaya berjalan lancar dan aman.

"Alhamdulillah tidak ada hal-hal yang tidak diinginkan terjadi. Semua stakeholder TNI/Polri bersama pemerintah daerah dan peserta atau calon termasuk pendukung serta masyarakat menjaga ketertiban dan keamanan. Dengan penerapan protokol kesehatan di tengah pandemi Covid-19," ujar Zaenal.

  Tags Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar