Yamaha

Pemkot Tasikmalaya Waspadai Bencana Akibat Siklon Tropis 94W

  Kamis, 15 April 2021   Dudung Ridwan
Pohon tumbang timpa rumah di wilayah Kecamatan Tamansari, Kota Tasikmalaya, Jumat, 8 Januari 2021. (Ayotasik.com/Heru Rukanda)
BUNGURSARI, AYOTASIK.COM -- Pemerintah Kota (Pemkot) Tasikmalaya mengimbau warganya untuk meningkatkan kewaspadaan terhadap potensi bencana alam akibat cuaca ekstrem. Cuaca ekstrem itu berupa puting beliung, hujan lebat disertai kilat atau petir, dan hujan es.
 
Hal tersebut seiring dengan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprediksi adanya bibit siklon tropis 94W sejak 13 April 2021 sampai 19 April 2021 mendatang.
 
Untuk itu, Pemkot Tasikmalaya mewaspadai munculnya bencana alam seperti banjir, tanah longsor, banjir bandang, angin kencang, dan pohon tumbang. "Berbagai persiapan antisipasi bencana telah disosialisasikan oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) mulai dari tingkat kecamatan, kelurahan, sampai ke tingkat RW, dan RT," ujar Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Tasikmalaya Ivan Dicksan, Kamis, 15 April 2021.
 
Menurutnya, kewaspadaan tingkat lokal sudah diaktifkan dalam menghadapi cuaca buruk yang diprediksikan atau disebut siklon tropis 94W. "Kemarin sudah ada pelatihan penanganan bencana dari beberapa kader tingkat kecamatan dan kelurahan. Kita tingkatkan agar masyarakat tetap waspada karena memang kejadian bencana sulit diprediksi," ucapnya.
 
Ivan yang juga Kepala BPBD Kota Tasikmalaya menuturkan, jika ada pohon berusia tua di pinggir jalan yang dinilai rawan roboh dan membahayakan pengguna jalan diminta untuk bisa diantisipasi langsung oleh pihak kelurahan atau kecamatan. "Kita sudah sahkan inisiatif masyarakat terhadap pohon pinggir jalan yang rawan roboh untuk ditebang. Itu akan lebih efektif dan tak membutuhkan waktu lama dalam pemotongan pohon yang berusia tua karena jika menunggu prosedur kedinasan terkait bisa cukup lama karena keterbatasan petugas," tuturnya.
 
Ia menambahkan, pihaknya juga sudah meminta Dinas SatPol PP Kota Tasikmalaya untuk menertibkan baliho yang rawan roboh kalau terjadi cuaca buruk, untuk meminimalisir terjadinya bencana dan menimbulkan korban jika terjadi hujan disertai angin kencang. "Saya sudah minta Pol PP untuk tertibkan baliho rawan roboh bila terjadi angin kencang," pungkasnya.

  Tags Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar