Yamaha

Resep Keripik Sukun Renyah dan Gurih, Bisa Jadi Menu Buka Puasa

  Senin, 19 April 2021   Heru Rukanda
Keripik Sukun. (Ayotasik.com/Heru Rukanda)

TAWANG, AYOTASIK.COM -- Keripik sukun merupakan makanan yang terbuat dari buah sukun yang sudah matang. Hampir setiap orang tahu dengan keripik sukun ini.

Cemilan yang murah meriah ini memiliki rasa yang gurih dan renyah. Sehingga tak heran jika keripik sukun ini banyak diminati mulai dari kalangan anak-anak hingga orang dewasa.

Cemilian keripik sukun biasanya diproduksi secara rumahan. Salah satu kudapan khas Tasikmalaya ini bisa dijumpai di pasar-pasar tradisinal dengan harga yang terjangkau.

Nah, bagi anda yang kebetulan memiliki pohon sukun dan ingin mencoba membuat keripik sukun, berikut ini resep yang bisa dipraktikan di rumah.

Bahan-bahan:
1. Buah sukun yang sudah matang dan masih keras.
2. Bawang Putih
3. Garam
4. Air Kapur Sirih
5. Ketumbar
6. Air bersih
7. Minyak goreng

Cara membuatnya, kupas buah sukun yang sudah matang hingga bersih, kemudian iris tipis buah sukun sesuai dengan ukuran untuk keripik.

Setelah itu rendam irisan buah sukun di air yang telah disiapkan dan telah dicampur dengan kapur sirih selama lebih kurang 5 jam.

Tiriskan irisan buah sukun kemudian cuci dengan air bersih dan taburi bumbu campuran ketumbar, bawang putih, kunyit, dan garam.

Kemudian rendam kembali irisan yang telah diberi bumbu tersebut dengan air bersih. Bicarakan beberapa saat agar bumbunya meresap ke irisan sukun.

Langkah terakhir, siapkan minyak goreng dan irisan sukun digoreng hingga kering dan warnanya berubah kecoklatan. Angkat dari penggorengan dan dinginkan. Keripik sukun pun siap untuk dihidangkan.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar