Yamaha

Bakso Tetap jadi Pilihan Saat Berbuka Puasa. Ini 5 Kedai Bakso Legendaris di Tasik

  Selasa, 20 April 2021   Redaksi Ayotasik.com
Di saat berbuka, salah satu pedagang bakso legendaris di Tasik tetap diserbu.

TASIKMALAYA, AYOTASIK.COM – Saking banyaknya pedagang bakso di Tasikmalaya, kota ini punya julukan baru, “Kota Sejuta Bakso”. Di bulan Ramadan pun para pedagang bakso tetap “marema”. Bakso legendaris tetap menjadi pilihan berbuka bagi mereka yang bosan dengan makanan di rumah. Atau mereka tetap ngebakso meski sudah berbuka di rumah.

Ratusan pedagang bakso bisa ditemukan “Kota Santri” ini. Mulai yang buka kedai toko sekelas restora, roda dorong, hingga bakso yang dipikul. Variasi harga dan rasanya pun berbeda-beda tergantung mi yang disajikan dan tentu saja kemurnian si bulat lezat baksonya.

Redaksi Ayotasik.com memilihkan 5 bakso legendaris yang ada ti Tasikmalaya:

1.        Bakso Laksana

Konon, Bakso Laksana merupakan kedai bakso paling enak di Tasikmalaya. Kedai bakso ini selalu dipadati pembeli. Apalagi di setiap perayaan hari raya Idulfitri, bakso menjadi buruan warga Tasikmalaya maupun dari  luar daerah. Alamatnya di Jalan Pemuda Nomor 5 Kecamatan Cihideung Kota Tasikmalaya.

Sejak buka pukul 09.00 WIB, meja dan kursi yang berada di lantai dua kedai pun penuh sesak oleh para pembeli. Alhasil, kesabaran dibutuhkan sebelum menyantap nikmatnya Bakso Laksana yang fenomenal tersebut.

Selain rasanya yang nikmat dan bakso yang empuk, keunikan Bakso Laksana terdapat dari cara penyajian. Penyajian bakso berbeda dengan kedai bakso lainnya, kuah dan bakso dipisahkan dengan mi bertabur daging cincang dan pangsitnya. Penyajian bumbu seperti kecap, sambal bawang pun tidak dilakukan dengan botol, melainkan disimpan dalam tempat kecil terpisah.

bakso-ade

2.        Bakso Ade

Mi Bakso Ade adalah kedai bakso yang menjadi buruan berikutnya.

Ada tiga varian bakso di kedai Mi Bakso Ade yang terletak di Komplek Ruko Mayasari Plaza No 24, Kecamatan Cihideung, Kota Tasikmalaya.

Pertama, bakso urat. Bakso urat ini memiliki rasa yang gurih dan empuk saat digigit. Ukurannya lebih kurang seperti bola golf. Bakso urat ini dibanderol dengan harga Rp30.000 per porsinya.

Kedua, ada bakso halus. Ukuran bakso ini lebih kecil daripada bakso urat. Dalam satu porsi, terdapat 5 buah bakso dengan harga Rp20.000. Ketiga, bakso urat tahu. Bakso ini kombinasi antara bakso dan tahu. Harganya Rp30.000 per porsi.

Selain bakso, dalam satu mangkuk juga ada mie, sawi, babat, dan ceker.

Menurut Abdurahman, semua bakso serta bumbu diproduksi sendiri di rumah produksi dengan mesin penggiling daging milik sendiri.

bakso-loma-ok

3.        Bakso Loma

Bakso Loma juga menjadi bakso recommended yang patut dicoba. Kedai bakso yang berada di Jalan Tarumanagara, Kecamatan Tawang, Kota Tasikmalaya ini, sejak puluhan tahun sudah meramaikan khazanah kuliner Kota Tasikmalaya. Loma kalau dalam bahasa Indonesia berarti 'kenal dekat' ini, awal mulanya dijajakkan dengan gerobak dorong sekira tahun 1980-an.

Seiring berjalannya waktu, bakso loma pun sudah membuka beberapa cabang yang merupakan generasi ke 2, salah satunya di Jalan Tarumanagara.

"Saya ini generasi ke 2. Ayah saya Pak Didi yang pertama memperkenalkan Bakso Loma. Kini, saya dan saudara meneruskan usaha jualan Bakso Loma ini," ujar pemilik ‘Bakso Loma’ generasi ke 2, Acim, Selasa (17/3/2021).

Menurutnya, bakso yang dijualnya disajikan dengan kuah atau yamin manis. Yang membedakan Bakso Loma dan bakso lainnya adalah baksonya menggunakan daging sapi yang tidak dicampur dengan daging lain, seperti daging ayam.

"Satu porsi hanya Rp20 ribu," ucapnya.

Di samping itu, mi nya juga menggunakan mi gepeng atau kuetiaw menjadikannya berbeda dengan yang lainnya.

"Baksonya bakso halus dengan mi gepeng dan toping daging ayam," ungkapnya.

bakso-hitam

4.        Bakso Hitam

Mi Baso Pa Haji yang melakukan inovasi dengan mengeluarkan mi dan bakso berwarna hitam. Meskipun hitam, kandungannya aman dikonsumsi.

Awalnya agak ragu untuk menyantap, tapi ternyata begitu digigit daging baksonya. Kuahnya yang bening dan gurih, ditambah tekstur daging baksonya yang lembut bikin lidah menari-nari. Santapan makin lengkap dengan tambahan mi hitamnya yang kenyal ditaburi daging yang dihaluskan.

Tak sampai di situ, sebongkah bigblack moza meatball terobosan teranyar Mi Baso Pa Haji dikeluarkan. Enggak tanggung-tanggung, di dalam baksonya itu berisi mozarela yang gurihnya bikin nagih. Begitu dibelah baksonya, akan tampak mozarela bak lahar yang meleleh.

Owner Mie Baso Pa Haji, Fahrul Saefullah, mengatakan awal idenya hanya bikin mi hitam. Seiring berjalan waktu muncul ide tambahan bikin bakso hitam.

Menurut Fahrul, bahan penghitamnya itu berasal dari serbuk arang bambu yang berasal dari Jepang. Ambil dari luar, karena untuk pemilihan serbuk arangnya sendiri tidak sembarangan. Sebab, akan berpengaruh terhadap rasa daging bakso yang lembut. Selain itu, takarannya juga tidak bisa sembarangan.

"Pernah menggunakan arang lokal entah itu dari bambu atau batok kelapa, hasilnya beberapa konsumen muntah. Itu jadi pelajaran berharga buat kami. Sehingga, lebih selektif pilih bahan baku arangnya," ucap Fahrul.

Mi Bakso Pa Haji dibuka dua dua cabang di Kota Tasik di Jl. Cikalang Girang No.49 A dan Jl. Jati Pamijahan belakang SMAN 2 Tasikmalaya.

bakso-asha

Bakso Asha-Asha

5.  Mie Bakso Asha-Asha

Berada di Jalan Bantar tak jauh dari lampu merah Perempatan Bantar - Cieunteung arah Gunung Sabeulah, Kecamatan Bungursari, Mi Bakso Asha-Asha telah ada sejak tahun 2008 lalu.

Menu bakso yang disajikan pun bervariatif, ada bakso halus, bakso urat, dan bakso tahu. Dalam satu porsi mangkuk, terdapat bakso sesuai selera, mi kuning gepeng, dengan toping daging ayam cincang, irisan daun bawang, goreng bawang merah, dan pangsit.

Untuk satu porsi dengan harga Rp10 ribu, Anda bisa mendapatkan satu mangkuk dengan 3 buah bakso halus dan 1 buah bakso tahu. Untuk porsi Rp11 ribu terdapat 5 buah bakso halus maupun urat dan satu bakso tahu.

Sedangkan untuk posri Rp13 ribu, Anda bisa mendapatkan bakso dengan babat tahu dan babat. Porsi Rp14 ribu akan mendapatkan bakso urat babat dengan bakso urat tahu, dan porsi 16 ribu merupakan paket komplet.

Mi Bakso Asha-Asha mulai buka pukul  09.00 WIB sampai pukul 22.00 WIB.

  Tags Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar