Yamaha

Minuman Segar Berbuka Puasa di Tasikmalaya yang Patut Dicoba

  Selasa, 20 April 2021   Dudung Ridwan
Minuman Segar Berbuka Puasa di Tasikmalaya yang Patut Dicoba

TASIKMALAYA, AYOTASIK.COM -- Minuman segar selalu menjadi pilihan utama ketika berbuka puasa. Bagi warga Tasikmalaya, setidaknya ada 3 minuman segar Tasikmalaya yang patut dicoba. Apalagi ketika setelah berpuasa seharian, lelah dan dahaga pasti menyerang tubuh dan menyebabkan cairan tubuh berkurang. Minuman di bawah ini bisa menjadi alternatif pelepas dahaga.

Sekoteng Ronde Cihideung
Minuman segar yang pertama adalah Sekoteng Ronde Cihideung khas Tasikmalaya.

Sekoteng merupakan minuman tradisional yang berbahan jahe. Minuman ini pas diminum saat cuaca dingin terutama malam hari. Salah satu yang paling terkenal ada di Jalan Cihideung, Tasikmalaya. Tepatnya di atas gerobak mobil bak terbuka. Sekoteng ronde ini mangkal setiap malam mulai pukul 17.30 WIB hingga pukul 01.00 WIB.

Dalam semangkuk Sekoteng Ronde Cihideung berisi sekoteng, kolang-kaling, roti, susu, gula pasir, dan tentunya ronde. Ronde sendiri merupakan makanan berbentuk bulat terbuat dari tepung ketan berisi kacang dan gula merah.

Harga satu mangkuk Sekoteng Ronde Cihideung ini dibanderol Rp12 ribu. Rasanya yang hangat khas aroma jahe dan empuknya ronde, membuat minuman tradisional ini banyak diminati di Kota Tasikmalaya.

Minuman tradisional ini dipercaya memiliki khasiat untuk menjaga kesehatan dan kehangatan tubuh, mencegah masuk angin, dan memperlancar pencernaan.

Es Sirop Bojong Ibu Momoh, Es Bojong Paling Legendaris di Tasikmalaya
Salah satu minuman segar yang recomended untuk berbuka adalah Es Sirop Bojong Ibu Momoh, di Jalan Ampera Barat No 207, Kelurahan Panglayungan, Kecamatan Cipedes, Kota Tasikmalaya. Es Sirop Bojong sendiri diambil dari nama daerah di mana Ibu Momoh berjualan kali pertama tahun 1972, yakni di Jalan Bojong, Kota Tasikmalaya. Namun, sejak tahun 1991 pindah ke lokasi sekarang di Jalan Ampera Barat.

Yang paling populer dari Es Sirop Bojong ini adalah es campur duren. Dalam segelas Es Sirop Bojong lengkap, terdapat alpukat, tape ketan hitam, irisan buah nangka kuning, kelapa muda, nanas, cincau, dan duren.

Satu porsi Es Sirop Bojong harganya mulai dari Rp10 ribu hingga Rp20 ribu. Kendati banyak bermunculan para penjual es bojong, Es Sirop Bojong Ibu Momoh sudah memiliki pelanggan setia.

Es Goyobod Mistis Jalan Tarumanagara
Es goyobod adalah minuman dingin berbahan santan yang mirip dengan es campur. Minuman ini terbuat dari santan, tepung aren, gula cair, alpukat, potongan roti tawar, susu, dan tentunya es.

Di Kota Tasikmalaya, Es Goyobod Mistis ini bisa ditemukan di Jalan Tarumanagara, Kecamatan Tawang. Jaraknya sekira 20 meter dari Taman Kota Tasikmalaya ke arah Stasiun Kereta Api Tasikmalaya. Kata “Mistis” sesungguhnya merupakan kepanjangan dari Amis Tiis (manis dingin).

Harganya tidak perlu merogoh kocek dalam-dalam, cukup dengan Rp7.000 per gelas. Es goyobod ini mulai dijual pukul 16.00 WIB hingga pukul 18.00 WIB atau sampai habis.

Dampak Minuman Segar Berlebih pada Tubuh yang Berpuasa Seharian

Dilansir dari Halodoc, Jika kamu sangat ingin meminum air yang dingin, sebaiknya tidak memakai es batu terlalu banyak. Atau hanya mengonsumsi minuman dingin biasa saja yang tidak terlalu berbeda dengan suhu tubuh.

Minuman manis seperti teh manis hangat adalah yang dianjurkan untuk dikonsumsi saat berbuka karena akan segera mengembalikan kadar gula darah yang sempat menurun selama kamu berpuasa seharian. Namun, jangan pula mengonsumsinya berlebihan.

Jika Anda ingin tetap menikmati es segar untuk menghilangkan dahaga boleh saja. Namun, perlu diingat perlunya menyeimbangkan asupan minuman segar dengan makanan berat guna mengatur kadar asam lambung yang telah berpuasa seharian.

  Tags Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar