Yamaha

Dinkes Kota Tasikmalaya Targetkan 1.000 Lansia Divaksin Setiap Hari

  Selasa, 20 April 2021   Heru Rukanda
Vaksinasi Covid-19 di Kota Tasikmalaya. (Ayotasik.com/Heru Rukanda)

CIHIDEUNG, AYOTASIK.COM -- Dinas Kesehatan Kota Tasikmalaya terus mengupayakan meningkatkan capaian target vaksinasi Covid-19 bagi lansia.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Tasikmalaya Uus Supangat mengatakan, capaian vaksinasi untuk lansia di KotaTasikmalaya memang masih rendah. Hal tersebut lantaran pihaknya masih memfokuskan vaksinasi pada pelayan publik.

Namun, hari ini pihaknya mempercepat vaksinasi bagi lansia dengan bekerjasama dengan organisasi-organisasi seperti Paguyuban Tionghoa Tasikmalaya (PTT), Bamag, Forum kerukunan umat beragama (FKUB) dan organisasi lainnya.

"Alhamdulillah kita mengakselarasi pelaksanaan vaksinasi untuk lansia. Hari ini tercatat ada 500 lansia yang terdaftar untuk divaksin. Vaksinasi kita laksanakan hari ini dan besok untuk lansia" ujar Uus, Selasa, 20 April 2021.

Menurutnya, jumlah sasaran vaksinasi lansia di Kota Tasikmalaya lebih dari 73 ribu orang. Target capaian vaksinasi disamping yang dilaksanakan dinas kesehatan yang sifatnya penjaringan bagi yang memang awalnya belum tahu dan teredukasi, juga ditambahkan dengan yang di puskesmas, sehingga target vaksinasi untuk lansia ini sebanyak seribu orang per hari.

"Jumlah lansia 73 ribu dengan target seribu per hari bisa membutuhkan waktu 2 bulan lebih. Kalau tidak tercapai ini akan terlambat terus,"

Terkait dengan stok vaksin untuk lansia, Uus mengatakan, pihaknya telah menyediakan vaksin sesuai dengan perhitungan kebutuhan.

"Kita sudah hitung jumlah sasaran dan stok vaksinnya juga,"

Ia menuturkan, vaksin juga sudah datang lagi ke pemerintah pusat dan diharapkan dalam pendistribusiannya tidak ada keterlambatan ke daerah.

"Sekarang kan kita sedang akselarasi vaksinasi. Kesuksesan dalam penanggulangan Covid-19 melalui vaksinasi ini juga terkait dengan kecepatan capaian individu yang divaksin. Semakin cepat dan banyak yang divaksin, maka herimunity akan lebih cepat tercapai," kata dia.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar