Yamaha

Ujian Sekolah di Kota Tasikmalaya Bakal Dilakukan Tatap Muka

  Rabu, 21 April 2021   Heru Rukanda
Pembelajaran tatap muka (PTM). (Ayotasik.com/Heru Rukanda)

INDIHIANG, AYOTASIK.COM -- Pemerintah Kota (Pemkot) Tasikmalaya terus menguapayakan untuk menyelenggarakan pembelajaran tatap muka (PTM).

Rencananya pembelajaran tatap muka di Kota Tasikmalaya pun bakal digelar pada pekan depan, Senin 26 April 2021.

"Ya jadi pembelajaran tatap muka itu keinginan sekolah, terutama sekolah dasar. Karena di akhir semester ini  untuk ujian sekolah kenaikan kelas maupun kelulusan ingin tatap muka," ujar Kepala Dinas Pendidikan Kota Tasikmalaya, Budiaman Sanusi, Rabu, 21 April 2021.

Menurutnya, kebijakan untuk tatap muka sudah mendukung dan prosedur juga sudah ditempuh. Dinas Pendidikan sudah mengajukan izin ke satgas  penanggulangan Covid-19 dan rencananya besok dibahasnya.

"Kalau sudah ada izin, maka sekolah-sekolah yang sudah memenuhi persyaratan bisa tatap muka," ucapnya.

Ia menuturkan, sekira 84% sekolah-sekolah di Kota Tasikmalaya sudah diizinkan untuk tatap muka.  Kini tinggal menunggu izin dari satgas Covid-19 tingkat kota.

"Jadi memang jumlah sekolah yang akan tatap muka belum fix. Kan sekolah disaring dulu oleh kementerian melalui dapodik. Ada isian yang harus diisi sebagai syarat boleh atau tidaknya tatap muka," tuturnya.

Ia menjelaskan, karena waktu yang kurang dari seminggu untuk melakukan persiapan, apakah isian yang dilakukan pihak sekolah sudah sesuai atau tidak dengan katagori sekolah gabf yang diperbolehkan untuk menggelar pembelajaran tatap muka.

"Jadi untuk tatap muka kebijakannha di pimpinan, sekolah mana saja yang memang diizinkan. Namun, itu juga dengan seizin satgas penanggulangan Covid-19," jelas dia.

Lebih lanjut Budiaman mengatakan, pembelajaran tatap muka tanggal 26 April itu hanya untuk ujian kelas 6 SD yang yang akan keluar sekolah. Sementara yang lainnya masih bisa dilakukan secara daring.

"Kalau SMP sebenarnya sudah mempersiapkan untuk pembelajaran jarak jauh. Makanya untuk SMP itu hanya sedikit yang melakukan permohonan tatap muka untuk ujian, itu pun swasta," kata dia.

Budiaman menuturkan, kalau untuk sekolah negeri semua sudah mempersiapkan untuk sekolah jarak jauh. Namun, itu tidak apa-apa sebagai persiapan tahun ajaran baru walaupun dengan momen ujian sekolah.

"Kita akan evaluasi untuk melihat apakah ada kekurangan. Mudah-mudahan tidak ada, sehingga di bulan Juli kita sudah siap untuk pembelajaran tatap muka," ungkapnya.

"Pada prinsipnya pak Plt setuju, tapi tetap harus meminta pertimbangan dari satgas Covid-19," tambah dia.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar