Yamaha

Lima Pos Penyekatan Pemudik Disiapkan oleh Tim Gabungan

  Kamis, 22 April 2021   Irpan Wahab Muslim
Kapolres Tasikmalaya AKBP Rimsyahtono .
MANGUNREJA, AYOTASIK.COM -- Polres Tasikmalaya menggelar rapat koordinasi kesiapan Operasi Ketupat Lodaya 2021 bersama Musyawarah Pimpinan Daerah (Muspida) di Ruang Kerja Kapolres Tasikmalaya, Rabu (21/4/2021) kemarin. Rapat koordinasi tersebut membahas kesiapan Operasi Ketupat Polres Tasikmalaya berkaitan dengan adanya kebijakan pemerintah mengenai larangan mudik pada Lebaran tahun 2021 terhitung mulai 6-17 Mei 2021.
 
Kapolres Tasikmalaya AKBP Rimsyahtono mengatakan, sebanyak 604 personel gabungan TNI/Polri, Dinas Perhubungan (Dishub), Satpol-PP, dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) akan ikut melaksanakan operasi ketupat Lodaya 2021 dan penyekatan pemudik. "Untuk personel, kita siapkan 400 personil, 110 anggota TNI, dan sisanya Dishub, Satpol-PP dan BPBD, termasuk dinas kesehatan dan pengendalian penduduk serta instansi lainnya yang membantu Operasi Ketupat Lodaya," kata Rimsyah, Kamis (22/4/2021).
 
Menurut Rimsyah, rapat koordinasi ini juga dilaksanakan untuk mengecek kesiapan kebutuhan jelang Lebaran tahun 2021. Dari mulai stok bahan pangan dan kondisi lalu lintas, termasuk mempersiapkan pos-pos penyekatan. "Kita siapkan lima pos penyekatan pemudik karena mudik Lebaran tahun 2021 ini dilarang. Maka pos ini disiapkan untuk menertibkan atau meminta kepada pengendara untuk pulang ke tempat asalnya, putar arah," papar Rimsyah.
 
Rimsyah menjelaskan, lima pos polisi yang disiapkan titik-titiknya ada di Pos Tapalkuda, Salawu untuk penyekatan kendaraan yang datang dari arah Garut masuk ke Salawu-Singaparna. Kemudian, lanjut Rimsyah, pos penyekatan di Jalan Raya Cikunir, Singaparna, untuk menyekat kendaraan masuk dari arah Kota Tasikmalaya lewat jalur Cikunir- Muktamar Singaparna.
 
"Ditambah lagi pos penyekatan pemudik di Tasikmalaya Selatan, tepatnya di Kecamatan Cipatujah untuk menyekat kendaraan pemudik dari wilayah Garut Selatan, dan Pos penyekatan di Cikalong untuk menghalau kendaraan dari arah Ciamis-Pangandaran," ujar Rimsyah.
 
Dan terakhir, tambah Rimsyah, Polres Tasikmalaya menyiapkan pos penyekatan di Alun-Alun Singaparna. Untuk mengatur arus kendaraan di pusat ibu kota kabupaten agar saat Lebaran aktivitas masyarakat aman, tertib, dan lancar.
 
Kabag Ops Polres Tasikmalaya Kompol Sutopo Kresno menambahkan, kesiapan personel termasuk kendaraan patroli dalam Operasi Ketupat Lodaya 2021 sudah matang dan kondisi mobil atau motor dinas kendaraan dalam keadaan bagus dan optimal.
 
"Personil kita bersama TNI, Dishub, Satpol-PP dan BPBD serta Satgas Covid-19, nanti bersama-sama dalam melaksanakan tugas operasi ketupat Lodaya yang aman lancar dan sehat, dan kita himbau masyarakat tidak mudik, demi keselamatan dan kesehatan keluarga," tambahnya.

  Tags Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar