Yamaha

Gedung Satpol PP Kabupaten Tasikmalaya Nyaris Ambruk

  Kamis, 22 April 2021   Irpan Wahab Muslim
Gedung Satpol PP Kabupaten Tasikmalaya Nyaris Ambruk. (Ayotasik.com/Irpan Wahab Muslim)

SINGAPARNA, AYOTASIK.COM -- Kondisi gedung lantai dua Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Dan Pemadam Kebakaran (Damkar) Kabupaten Tasikmalaya memprihatinkan. Pasalnya kondisi bubungan atap (balok konsol) sepanjang 12 meter dan balok sofi hampir terputus. Hal ini membuat, kontruksi bangunan menjadi tidak stabil dan dikhawatirkan roboh.

Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Dan Pemadam Kebakaran (Damkar) Iwan Ridwan mengakui, telah mengosongkan seluruh ruangan di lantai dua gedung kantor Satpol PP yang selama ini difungsikan sebagai ruang barak Damkar dan musala.

"Sejak dua hari lalu, kita sudah mengosongkan ruangan tersebut karena khawatir atap bangunan tiba-tiba ambruk. Untuk sementara aktivitas pekerjaan dialihkan ke ruang penyidik," kata Iwan, Kamis 22 April 2021.

Menurut Iwan, kejadian patahnya balok tersebut diperkirakan terjadi sepekan sebelum Ramadan akibat getaran bumi atau gempa. Namun beberapa hari kemudian, baru diketahui jika posisi genting gedung mengalami perubahan posisi menekuk ke bagian dalam.

"Saat itu juga kita laporkan ke dinas PUPR dan langsung diresfon dengan dilakukan peninjauan ke lokasi. Kita berharap segera dilakukan perbaikan," ucap Iwan.

Jika ketersediaan anggarannya mencukupi, tambah Iwan, selain atap bangunan diperbaiki, diharapkan ada pembangunan gedung baru yang nantinya akan dikhususkan untuk barak Damkar.

"Ketersediaan fasilitas ruangan yang ada saat ini disiapkan untuk kantor. Sedangkan saat ini Satpol-PP sudah menjadi dinas yang disitu ada Damkar juga Linmas. Lahan kita masih punya cukup luas yang berada di samping kiri kantor saat ini," ucap Iwan.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar