Yamaha

Jalan Raya Gentong Sepi Pemudik di Siang dan Ramai di Malam

  Minggu, 09 Mei 2021   Heru Rukanda
Jalan Raya Gentong Sepi Pemudik di Siang dan Ramai di Malam. (Ayotasik.com/Heru Rukanda)

TASIKMALAYA, AYOBANDUNG.COM -- Arus lalu lintas di Jalan Raya Gentong yang terpantau di Pos Pengamanan dan Penyekatan di Lingkar Gentong, Kecamatan Kadipaten, Kabupaten Tasikmalaya, nampak lengang, Minggu, 9 Mei 2021.

Kapolres Tasikmalaya Kota AKBP Doni Hermawan mengatakan, sejak awal-awal pelaksanaan operasi ketupat 2021, arus lalu lintas yang terpantau di Jalan Raya Gentong ini cukup ramai. Bahkan pihaknya di hari pertama pelaksanaan penyekatan kendaraan telah memutarbalikan lebih dari 400 unit, baik kendaraan roda 2 maupun roda 4 atau lebih.

“Sampai siang hari ini memang hasil pemantauan mulai ada penurunan dari kendaraan yang melintas. Sampai dengan pukul 14.00, sekitar 200 kendaraan yang diputar balikan, ujar Doni.

Menurutnya, arus kendaraan yang melintasi Jalan Raya Gentong paling banyak malam hari hingga subuh. Kendati demikian, pihaknya akan tetap melakukan pemantauan dan penyekatan terhadap kendaraan yang melintasi pos penyekatan Lingkar Gentong.

“Sejak hari pertama operasi kita langsunglakukan penyekatan pukul 00.01 WIB. Banyak yang kami putar balikan,” ungkapnya.

Doni berharap, warga sudah mulai sadar dengan maksud dan tujuan pemerintah mengeluarkan kebijakan larangan mudik tahun 1442 Hijriah, sehingga arus kendaraan yang melakukan perjalanan mudik terus menurun.

“Kondisi arus lalin saat ini lebih sepi dari hari-hari biasa,” kata dia.

Ia menambahkan, modus pemudik untuk melewati pos penyekatan sangat beraneka ragam. Mereka akan berusaha atau mengupayakan segala cara agar bisa mudik ke kampung halamannya.

"Jadi modusnya itu beragam. Ada yang naik di mobil boks, ada juga yang mengaku dan memakai atribut ojek online. Itu yang kita temukan. Alasannya mengantar barang, tapi kan sudah di luar areanya. Begitu dicek ternyata mau ke Cilacap. Kita putar balikan," ujarnya.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar