Yamaha

Jalan Tikus Dijaga Ketat, Antisipasi Pemudik Memaksa Masuk Tasikmalaya

  Selasa, 11 Mei 2021   Heru Rukanda
Situasi penyekatan kendaraan pemudik di Pos Pam Penyekatan Lingkar Gentong, Kecamatan Kadipaten, Kabupaten Tasikmalaya, Selasa, 11 Méi 2021. (Ayotasik.com/Heru Rukanda)

KADIPATEN, AYOTASIK.COM — Mengantisipasi pemudik yang melintasi jalur-jalur tikus menuju wilayah Tasikmalaya, pihak kepolisian menambah jumlah personel penyekatan di Pos Pam Penyekatan Lingkar Gentong, Kecamatan Kadipaten, Kabupaten Tasikmalaya.

Kapolres Tasikmalaya Kota AKBP Doni Hermawan mengatakan, memang ada jalur tikus yang lokasinya tak jauh dari pos penyekatan di Lingkar Gentong. Kendati demikian, pihaknya telah menempatkan personel untuk mencegah pemudik yang memaksakan masuk ke wilayah Tasikmalaya.

"Kita sudah tempatkan personel untuk menjaga jalan-jalan tikus di wilayah Kadipaten yang menuju Tasik," ujar Doni, Selasa, 11 Mei 2021.

Menurutnya, arus kendaraan warga yang memaksakan untuk mudik terlihat sedikit pada siang hari, tetapi lebih meriah saat malam hari. Untuk itu, personel pun akan ditambah banyak saat memasuki waktu malam hingga subuh.

"Rata-rata yang mudik itu banyaknya malam hari. Mereka datang secara bergerombol. Kita lakukan penyekatan dan sebagian besarnya diputarbalikan karena tidak memenuhi ketentuan yang dikecualikan," ucapnya.

Doni menyebut, puncak arus mudik sulit diprediksi lantaran hingga H-2 lebaran masih banyak kendaraan melintas baik roda 2 maupun roda 4 terutama di malam hari.

"Kemungkinan usai salat IdulFitri juga masih ada yang memaksakan mudik," ungkapnya.

Ia mengimbau masyarakat untuk tidak memaksakan mudik, karena pada esensinya tujuan pemerintah melarang mudik tersebut untuk mencegah dan menekan penularan Covid-19.

"Itu yang perlu dipahami. Pandemi Covid-19 ini belum berakhir. Selalu disiplin prokes disetiap kegiatan," kata dia.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar