Yamaha

Dikira Kucing, Kukang Ditangkap Warga Cilembang di Atas Pohon

  Minggu, 16 Mei 2021   Heru Rukanda
Warga menangkap dan menyerahkan kukang ke polisi, Minggu, 16 Mei 2021. (Ayotasik.com/Heru Rukanda)

CIHIDEUNG, AYOTASIK.COM -- Warga Kampung Cempaka Warna, Kelurahan Cilembang, Kecamatan Cihideung, Kota Tasikmalaya, menangkap seekor kukang yang berada di atas pohon jambu, Sabtu, 15 Mei 2021.

Sebelumnya, warga mengira kukang dengan nama latin Nycticebus tersebut adalah seekor kucing. Salah seorang warga, M. Abdul Azis (17) mengatakan, kukang tersebut kali pertama ditemukan dan ditangkap tetangganya, Iwan.

"Awalnya dikira kucing karena badannya kecil. Tadi ditangkap jam 3 sore," ujar Azis.

Menurutnya, setelah ditangkap oleh tetangganya, kukang tersebut diserahkan kepada dirinya untuk diperlihara. "Saya sedang di rumah, ada pak Iwan datang dan menyerahkan karung berisi kukang. Semula saya tidak tahu jika kukang dilindungi, tapi ada teman saya bilang bahwa kukang dilindungi dan malam ini melaporkan ke Polsek Cihideung," ucapnya.

Azis yang juga pecinta binatang reptil ini menuturkan, kukang tersebut kondisinya lemah dan ada luka di bagian lengan kanan. "Lukanya sudah kering. Saya kasih pisang untuk makanannya," kata dia.

Ia menyebut, setelah mengetahui bahwa kukang merupakan salah satu satwa yang dilindungi negera, dia bersama 2 temannya mendatangi Mapolsek Cihideung untuk laporan.

"Saya laporan ke polsek takut disalahkan karena kukang ini dilindungi. Saya akan menyerahkannya ke Balai Konservasi Sumber Daya Alam," ungkapnya.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar