Pengunjung Wisata Gunung Galunggung Diswab Antigen Acak Petugas Puskesmas

  Minggu, 16 Mei 2021   Heru Rukanda
Petugas Puskesmas Sukaratu Kabupatén Tasikmalaya melakukan uji Swab antigen terhadap pengunjung Objek Wisata Gunung Galunggung secara acak, Minggu, 16 Mei 2021. (Ayotasik.com /Heru Rukanda)

SUKARATU, AYOTASIK.COM -- Mengantisipasi penyebaran Covid-19 di objek wisata Gunung Galunggung, Puskesmas Sukaratu Kabupatén Tasikmalaya menggelar tes usap atau swab antigen terhadap para pengunjung di sekitar pintu masuk kawasan objek wisata.

Uji swab antigen dilakukan secara random (acak) terhadap pengunjung yang berasal dari luar Tasikmalaya. Petugas Puskesmas Sukaratu, Yosep Kemal Ridwan mengatakan, uji swab antigen tersebut sebagai langkah antisipasi adanya penyebaran Covid-19.

"Pengujian swab antigen ini dilakukan kepada pengunjung yang suhunya cukup tinggi dan secara sukarela. Kalau ada yang hasilnya positif langsung dilaporkan ke satgas untuk tindakan lebih lanjut," ujar Yosep, Minggu, 16 Mei 2021.

Menurutnya, pihaknya sudah melakukan uji swab terhadap belasan pengunjung dan hasilnya semua negatif. Mereka kemudian diberikan surat keterangan bahwa telah melakukan uji swab antigen dengan hasil negatif.

"Kami lakukan uji swab di kawasan Cipanas dan Kawah Gunung Galunggung," ucapnya.

Reza Adiansyah (18), salah seorang pengunjung objek wisata Gunung Galunggung yang menjalani uji swab antigen mengatakan, dia baru pertama dites Swab. Ia secara sukarela melakukan uji swab untuk mengetahui kondisi kesehatannya.

"Alhamdulillah hasilnya negatif," ujarnya.

Pengunjung lainnya asal Jakarta, Hendi (24) mengaku, dirinya berwisata ke Kawah Gunung Galunggung bersama keluarganya setelah bersilaturahmi dengan kerabat di Tasikmalaya.

"Saya baru ke Galunggung lagi setelah 2 tahun lalu. Berwisata ke Galunggung suasana adem dan udaranya sejuk serta bisa meninkmati pemandangan Kota Tasikmalaya dari ketinggian," ujar Hendi.

Ia mengaku, sebelum mudik ke Tasikmalaya dirinya sudah melakukan swab antigen di tempat kerjanya di Cikarang yang difasilitasi pihak perusahaan. "Sebelum ke Tasik saya swab dulu alhamdulillah negatif sehingga bisa pulang dan wisata ke Galunggung," kata dia.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar