Yamaha

Semua Objek Wisata di Kota Tasikmalaya Ditutup Sementara

  Senin, 17 Mei 2021   Heru Rukanda
Sejumlah pengunjung objek wisata Situ Gede diputarbalikan petugas jaga di simpang 3 Maniis, Linggajaya, Mangkubumi, Kota Tasikmalaya, Senin, 17 Mei 2021. (Ayotasik.com/Heru Rukanda)

MANGKUBUMI, AYOTASIK.COM -- Sebelum lebaran Idulfitri 1442 Hijriah, Pemerintah Kota (Pemkot) Tasikmalaya menutup sementara semua objek wisata yang ada di Kota Tasikmalaya.

Penutupan itu tertuang dalam Surat Edaran (SE) Nomor: 360/SE 1060-BPBD/2021 tentang perpanjangan pelaksanaan pembatasan kegitan masyarakat (PPKM) dalam penanganan Corona Virus Disease 2019 di Kota Tasikmalaya, yang ditandatangani Pelaksana Tugas (Plt) Wali Kota Tasikmalaya Muhammad Yusuf, 4 Mei 2021.

Terlebih Kota Tasikmalaya sempat kembali ke zona merah (risiko tinggi) penyebaran Covid-19, dan kini turun kembali ke zona oranye (risiko sedang) penyebaran Covid-19.

Salah satu tempat wisata yang ditutup sementara adalah objek wisata Situ Gede di Kecamatan Mangkubumi, Kota Tasikmalaya.

Selama penutupan sementara Situ Gede, akses jalan menuju ke Situ Gede tepatnya di Kampung Maniis, Kelurahan Linggajaya, Kecamatan Mangkubumi, nampak dijaga aparat dari kepolisian dan TNI.

Papan pemberitahuan penutupan pun terpajang di tengah jalan akses ke Situ Gede. Sejumlah pengunjung yang hendak berwisata pun diputarbalikan petugas jaga.

Kapolsek Mangkubumi Iptu Endang Wijaya mengatakan, penjagaan ke Situ Gede tersebut menindaklanjuti surat edaran yang dikeluarkan oleh Pemkot Tasikmalaya, tentang perpanjangan PPKM yang salah satunya berisi penutupan sementara lokasi wisata.

"Kita lakukan penjagaan dari pagi hingga sore. Penutupan ini untuk mencegah kerumunan di objek wisata," ujar Endang, Senin, 17 Mei 2021.

Menurutnya, adapun yang diperbolehkan masuk adalah warga sekitar yang tempat tinggalnya di Situ Gede dan warga yang masih melakukan ziarah kubur.

"Di areal Situ Gede kan ada areal pemakaman warga. Kita tanya dulu warga yang hendak masuk, kalau tujuannya wisata ya kita putarbalikan," ucapnya.

Penutupan sementara objek wisata Situ Gede ini dikeluhkan para pedagang. Seperti halnya yang dikeluhkan oleh Mimih (50) pedagang warung nasi dan ikan bakar di Situ Gede.

"Dengan ditutup otomatis penghasilan para pedagang menjadi tidak ada. Momen lebaran kan jadi momen meraup rupiah pedagang di Situ Gede," ujarnya.

Sementara itu, Pemkot Tasikmalaya hingga kini belum bisa memastikan sampai kapan objek-objek wisata kembali dibuka.


Pelaksana Tugas (Plt) Wali Kota Tasik, Muhammad Yusuf mengatakan, keputusan soal objek wisata akan dibahas dalam pertemuan dengan tim satgas Covid-19 sore ini. Sampai hari ini tidak ada objek wisata yang buka meski Kota Tasik sudah zona oranye.

"Objek wisata sampai saat ini belum ada yang diizinkan buka" ujar Yusuf, Senin, 17 Mei 2021.

Atas nama Pemkot Tasikmalaya, Yusuf meminta maaf kepada seluruh masyarakat Kota Tasikmalaya karena pada libur lebaran tahun ini tidak ada tempat wisata yang buka.

"Penutupan sementara ini untuk mencegah adanya kerumunan di tempat wisata. Saya harap masyarakat memaklumi," kata dia.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar