Yamaha

Terminal Indihiang Mulai Ramai Pemudik yang Balik ke Tempat Asal

  Selasa, 18 Mei 2021   Heru Rukanda
Calon penumpang bus di Terminal Type A Indihiang Kota Tasikmalaya menjalani pemeriksaan Genose sebagai salah satu syarat untuk melengkapi berkas perjalanan bebas Covid-19, Selasa, 18 Mei 2021. (Ayotasik.com/Heru Rukanda)

INDIHIANG, AYOTASIK.COM - Moda transportasi umum mulai Selasa, 18 Mei 2021 kembali diizinkan untuk beroperasi. Sebelumnya moda transportasi dilarang beroperasi seiring dengan adanya aturan larangan mudik dari pemerintah dalam upaya menekan laju penularan Covid-19 di Indonesia.

Seperti yang terpantau di Terminal Type A Indihiang Kota Tasikmalaya, angkutan umum seperti angkutan kota dalam provinsi (AKDP) dan angkutan kota antar provinsi (AKAP) sudah nampak beroperasi.

"Hari ini mulai kembali beroperasi angkutan umum. Ada peningkatan armada yang masuk terminal meski belum signifikan," ujar petugas Terminal Indihiang, Ali Imron, Selasa, 18 Mei 2021.

Untuk mengantisipasi penyebaran Covid-19 di moda transportasi khususnya bus AKAP terutama yang melintas pulau, pihak terminal menyediakan pemeriksaan Covid-19 dengan Genose.

"Kalau angkutan yang beroperasi di pulau Jawa, pemeriksaan Genose dilakukan secara acak dengan pengambilan sampling saja," ucapnya.

Ia menuturkan, pihaknya bekerja sama dengan pihak perusahaan otobus untuk memperketat protokol kesehatan (prokes).

"Sejauh ini penumpang masih banyak yang berangkat dari pool bus," kata dia.

Salah setor penumpang bus tujuan Cikarang, Ratnasari (20) mengatakan, ia tidak mengetahui jika bepergian dengan bus harus juga dilengkapi dengan surat bukti bebas Covid-19.

Dengan adanya pemeriksaan Genose di terminal tersebut, dirinya merasa terbantu untuk melengkapi berkas perjalanannya ke tempat tujuan.

"Alhamdulillah hasil pemeriksaannya negatif. Saya jadi tenang dalam perjalanan nantinya," kata dia.

  Tags Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar