Yamaha

Tak Kuat Menanjak, Truk Pengangkut Palet Kayu Terguling di Tanjakan Gentong

  Sabtu, 29 Mei 2021   Heru Rukanda
Truk pengangkut palet kayu terguling di tanjakan Gentong Tasikmalaya, Sabtu, 29 Mei 2021. (Ayotasik.com/Heru Rukanda)

KADIPATEN, AYOTASIK.COM -- Sebuah truk pengangkut palet kayu terguling di tanjakan Gentong, Kecamatan Kadipaten, Kabupaten Tasikmalaya, Sabtu, 29 Mei 2021. Akibatnya, sebagian badan jalan dari arah Tasikmalaya menuju Bandung tertutup tumpahan palet kayu dan badan truk yang terguling.

Kecelakaan tunggal di jalur tengkorak tersebut diduga lantaran truk kelebihan muatan sehingga tak kuat menapaki tanjakan. "Kejadiannya tadi sekitar jam 5 pagi. Truk tak kuat menanjak dan saat direm truk malah mundur dan akhirnya terguling," ujar Kanit Lantas Polsek Kadipaten Iptu Edi, Sabtu, 29 Mei 2021.

Menurutnya, pada saat kejadian wilayah tanjakan Gentong sedang diguyur hujan sehingga menyebabkan jalanan licin. Muatan yang berlebih diduga penyebab truk tak kuat saat menanjak di tanjakan Gentong Bawah. "Alhamdulilah sopir dan kernetnya selamat," ucapnya.

Ia menuturkan, akibat dari kecelakaan tersebut, arus lalu lintas di Jalan Gentong sempat mengalami kemacetan dari ke 2 arah. Antrean kendaraan nampak mengular dari arah Bandung maupun Tasikmalaya.

"Antrean kendaraan dari arah Bandung diperkirakan mencapai 3 Kilometer, sedangkan dari arah Tasikmalaya sekitar 500 meter," ungkap Edi.

Lebih kurang 2 jam petugas melakukan evakuasi tumpukan palet kayu dan truk yang menutupi badan jalan. "Kita evakuasi dulu kayunya untuk mengurangi beban kendaraan kemudian baru mengevakuasi truknya," kata dia.

Edi menambahkan, para pengendara yang melintas Jalur Gentong harus meningkatkan kewaspadaan terlebih jalanan licin akibat hujan dan tumpahan solar dari truk yang terguling. "Kita berlakukan buka tutup jalan untuk mengurai antrean kendaraan dari ke 2 arah," katanya.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar