Yamaha

Pemkab Tasik Masih Kekurangan 1.550 Tempat Tidur untuk Mengkover 1,8 Juta Jiwa

  Kamis, 10 Juni 2021   Irpan Wahab Muslim
Ruang IGD RS SMC Kabupaten Tasikmalaya
SINGAPARNA, AYOTASIK.COM -- Kabupaten Tasikmalaya saat ini hanya mempunyai 250 tempat tidur yang berada di RSUD Singaparna Medika Citrautama (SMC) dan RSIA Respati Kabupaten Tasikmalaya. Jumlah itu, belum cukup ideal untuk mengkover penduduk Kabupaten Tasikmalaya 1,8 Juta jiwa.
 
Kabid Pelayanan Kesehatan pada Dinas Kesehatan dan Pengendalian Penduduk Subagia menjelaskan, untuk mengkover 1,8, Juta jiwa, dibutuhkan 1.800 tempat tidur atau 6 hingga 7 rumah sakit tipe D. Hitunganya, lanjut Subagia, perbandingan antara jumlah penduduk dan tempat tidur, yakni 1 berbanding 10.000 tempat tidur. "Kita baru punya 250 tempat tidur. Itu di dua rumah sakit. Jadi, kekurangannya itu 1.550 tempat tidur, " ujar Subagia, Kamis, 10 Juni 2021.
 
Untuk mengkover kekurangan tempat tidur itu, tambah Subagia, pemerintah daerah sudah mencanangkan pembangunan rumah sakit tipe D di empat titik Kecamatan, yakni Karangnunggal, Ciawi, Manonjaya, dan Cikatomas.
 
Rencananya itu, baru mencapai pembebasan dan pematangan lahan untuk RS tipe D di Kecamatan Karangnunggal, Ciawi, dan Manonjaya. Sedangkan untuk di wilayah Cikatomas sudah ada peningkatan sarana pejunjang meskipun belum selesai 100 persen. "Untuk memenuhi standar pelayanan minimal kesehatan, kita sedang merintis pembangunan rumah sakit dan diprioritaskan," ujar Subagia.
 
Subagia mengakui, adanya dua rumah sakit di Kabupaten Tasikmalaya belum bisa memberikan pelayanan maksimal kepada masyarakat terlebih dilihat dari jumlah penduduk dan luas wilayah Kabupaten Tasikmalaya.
 

  Tags Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar