Yamaha

Pembelajaran Tatap Muka di Kelas Hanya 2 Jam

  Jumat, 11 Juni 2021   Heru Rukanda
Para siswa SDN 2 Linggajaya mengikuti pembelajaran tatap muka di sekolah, Jumat, 11 Juni 2021. (Ayotasik.com/Heru Rukanda)

MANGKUBUMI, AYOTASIK.COM -- Sejak awal Juni 2021 kegitan belajar mengajar (KBM) di Kota Tasikmalaya dilakukan dengan pembelajaran tatap muka (PTM). Proses pembelajaran dilakukan dengan cara digilir atau dibagi waktu dengan shift. PTM dilaksanakan untuk setiap jenjang pendidikan mulai dari tingkat sekolah dasar hingga sekolah menengah atas atau kejuruan.

Dalam pelaksanaan PTM di masa pandemi seperti saat ini, pihak sekolah menerapkan protokol kesehatan secara ketat. Para siswa yang kebagian jadwal PTM diwajibkan untuk memakai masker di lingkungan sekolah dan diminta untuk tidak berkerumun dengan menjaga jarak.

Sebelum masuk lingkungan sekolah, para siswa pun diperiksa suhu tubuhnya dengan thermogun dan diharuskan untuk mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir di tempat cuci tangan yang telah disiapkan sekolah.

Salah seorang guru di SDN 2 Linggajaya, Yuda (32) mengatakan, pembelajaran tatap muka sudah dimulai sejak minggu pertam bulan Juni. Hanya saja, dalam praktiknya PTM dilakukan dengan membagi jadwal masuk sekolah.

“Untuk kelas satu sampai kelas tiga dilakukan di minggu pertama dan ke tiga. Sedangkan untuk kelas empat sampai kelas lima dilaksanakan pada minggu ke dua dan ke empat,” ujar Yuda, Jumat, 11 Juni 2021.

Ia menuturkan, untuk satu kali pertemuan hanya berlangsung 2 jam. Jumlah siswa dalam satu kelas pun dibagi menjadi 2 kelompok sehingga dalam pelaksanaannya dalam satu kelas itu hanya diisi oleh setengah dari jumlah siswa dan kapasitas ruang kelas.

“Shift pertama belajar mulai dari pukul 07.00 WIB sampai pukul 09.00 WIB. Kemudian untuk shift dua dimulai pukul 09.00 WIB sampai pukul 11.00 WIB,” ucapnya.

Ia menyebut, sejauh ini PTM di sekolahnya berjalan dengan baik dan lancar. Para guru maupun para siswa menerapkan protokol kesehatan.

“Kami para guru juga sudah menjalani vaksinasi Covid-19. Alhamdulillah selama dua pekan ini tidak ada kendala yang berarti dalam pelaksanaan tatap muka di sekolah. Anak-anak juga nampak senang bisa kembali sekolah,” kata dia.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar