Curug Dengdeng, Air Terjun Indah Yang Dipercaya Penuh Berkah

  Selasa, 15 Juni 2021   Handy Dannu Wijaya
Curug Dengdeng, Wisata Air di Tasikmalaya (google/ Rahmat Tan)

AyoTasik.com - Wisata Curug Dengdeng di Tasikmalaya patut anda kunjungi karena keunikan dan mitos yang konon membuat anda enteng jodoh.

Terdapat dua tempat yang menggunakan nama Curug Dengdeng. Yang pertama adalah Curug Dengdeng yang berada di kec. Rumpin, kab. Bogor dan yang kedua adalah Curug Dengdeng yang berada desa Tawang, kec. Pancatengah, kab. Tasikmalaya. Pada kali ini kami akan mengenalkan pada anda kepada Curug Dengdeng yang ada di Tasikmalaya, sebuah curug yang konon merupakan saudara dari air terjun Niagara karena keindahanya.

Curug Dengdeng adalah sebuah air terjun yang merupakan bagian dari aliran sungai Cikembang. Pada awalnya, curug ini tidak begitu terkenal di antara wisatawan yang berkunjung ke Tasikmalaya. Akses jalan menuju objek wisata ini tidak mudah dan sangat sulit untuk dilewati. 

Berkat media sosial, curug ini lalu mendapat perhatian sehingga mulai dimanfaatkan sebagai destinasi wisata.
Fasilitas-fasilitas pendukung wisata pun ditambahkan sehingga sekarang Curug Dengdeng lebih mudah untuk dicapai. Letaknya yang berada di tengah bukit berubah dari hambatan menjadi nilai tambah bagi pengunjung untuk mendatangi objek wisata ini.

Tebing-tebing yang ada di curug dengdeng memiliki tinggi yang bervariasi, mulai dari 5 meter hingga 13 meter dimana secara keseluruhan tinggi curug dapat mencapai ketinggian 33 meter. Tingkatan teratas dari curug ini berbentuk tegak lurus sehingga memancarkan air yang serupa dengan air terjun Niagara. Bedanya, Curug Dengdeng tampak lebih mempesona karena dikelilingi oleh area persawahan yang masih asri. Pengunjung dapat melihat pesona yang berbeda dari curug dengdeng ketika musim hujan, dimana air akan mengalir deras sambil membawa endapan lumpur dari hulu.

Selain menikmati keindahan alam dengan berswafoto atau berjalan-jalan, pengunjung dapat menikmati wisata alam Curug Dengdeng dengan berenang. Permukaan dari dasar curug ini terbuat dari lubang-lubang yang terbentuk dari berbagai macam ukuran. Direkomendasikan bagi pengunjung yang ingin bermain air untuk datang di musim kemarau karena debit air akan berkurang sehingga lubang-lubang itu akan berubah menjadi kubangan-kubangan air jernih. Meski begitu, pengunjung tetap dihimbau untuk berhati-hati karena bisa jadi terdapat lubang yang lebih dalam.

Selain berenang, pengunjung juga dapat berekreasi dengan berwisata kuliner di rumah makan yang sudah disediakan di dekat area Curug Dengdeng. Deretan warung makan itu juga telah menyediakan tempat bagi pengunjung agar dapat menikmati makanannya sambil menikmati pemandangan dari Curug Dengdeng dan hamparan persawahan. Makanan yang tersedia juga bervariasi, mulai dari makanan ringan sampai  makanan berat khas tasikmalaya seperti ayam bakar, nasi liwet dan lalapan.

Sebagai objek wisata, Curug Dengdeng juga sudah memiliki fasilitas yang lengkap. Selain warung makan, area wisata alam curug dengdeng juga sudah dilengkapi dengan mushola, toilet dan tempat istirahat.
Perlu diingat bagi wisatawan yang ingin berkunjung perlu berhati-hati karena kondisi jalan yang masih belum begitu mulus. Oleh sebab itu meski sudah dilengkapi dengan area parkir yang luas, tapi objek wisata Curug Dengdeng tidak dapat dicapai menggunakan mobil besar seperti bus.

Mitos Unik Curug Dengdeng

Objek wisata Curug Dengdeng ini juga memiliki mitos yang unik. Masyarakat setempat percaya kalau curug ini pernah menjadi salah satu tempat pemberhentian nabi Daud as dimasa lalu. Di curug ini nabi Daud berwudhu dan melantunkan adzan sehingga siapapun yang berwusdhu di curug ini, apalagi di kolam yang bernama kolam daud, dipercaya akan ikut memiliki suara yang indah.

Ada juga mitos lain tentang Curug Dendeng ini. Dulunya tempat ini diyakini sebagai lokasi pangeran Jaya Laksana dan Jaya Nelangsa bertarung. Dikatakan bagi siapapun yang mandi di area tertentu curug ini niscaya akan mendapatkan kekuatan.

Mitos terakhir dari Curug Dengdeng ini adalah mengenai percintaan. Seseorang yang belum menemukan jodoh akan cipermudah hingga bertemu kalau berendam di curug ini. Terlepas dari kebenaran mitos-mitos tersebut, semua kembali ke kepercayaan masing-masing.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar