20 Pasien Covid-19 di Kota Tasik Antre Ruang Isolasi

  Senin, 21 Juni 2021   Heru Rukanda
Pasien Covid-19 bergejala dirawat Gedung Mitra Batik RSUD dr Soekardjo Kota Tasikmalaya. (Ayotasik.com/Heru Rukanda)

BUNGURSARI, AYOTASIK.COM -- Dampak dari penuhnya ruang isolasi di sejumlah rumah sakit (RS), sebanyak 20 pasien Covid-19 di Kota Tasikmalaya terpaksa harus dirawat di ruang Instalasi Gawat Darurat (IGD) rumah sakit.

Berdasarkan data Dinas Kesehatan Kota Tasikmalaya, 6 pasien Covid-19 menunggu di IGD RS TMC, satu pasien Covid-19 menunggu di IGD RS Permata Bunda, 10 Pasien Covid-19 menunggu di IGD RSUD dr Soekardjo, dan 3 pasien Covid-19 lainnya menunggu di ruang ponek RSUD dr Soekardjo Kota Tasikmalaya.

Sementara itu, di RS Dewi Sartika dan RSUD ruang Perina terdapat pasien Covid-19 ibu dan anak dalam satu tempat tidur. 

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan Kota Tasikmalaya Asep Hendra Hendriana, membenarkan terkait kondisi ruang isolasi yang penuh di di Kota Tasikmalaya.

"Secara pribadi kondisi ini sangat mengkhawatirkan. Pihaknya sudah berkoordinasi dengan pihak RSUD dr Soekardjo Kota Tasikmalaya untuk menambah ruang isolasi di lantai 2 agar yang menunggu di IDG bisa segera mendapatkan kamar perawatan," ujar Asep saat dihubungi Ayotasik.com, Senin, 21 Juni 2021.

Ia menuturkan, rumah sakit milik pemerintah lainnya seperti RS Purbaratu dan RS Dewi Sartika juga dipersiapkan untuk penambahan ruang isolasi. Informasi yang ia terima bahwa masih ada ruang yang bisa digunakan sehingga hanya tinggal menambah tempat tidurnya.

"Saya khawatir kalau kasus terus bertambah dan banyak pasien yang bergejala, tenaga kesehatan juga akan kelelahan menanganinya. Kalau nakes tumbang, siapa yang bakal merawat pasien-pasien di rumah sakit," ucapnya. 

Ia menambahkan, saat ini pasien Covid-19 yang menjalani perawatan di rumah sakit jumlahnya mencapai 348 orang."Kasus aktifnya sekarang itu 667 orang, jadi lebih dari 300 orang menjalani isolasi mandiri di rumahnya masing-masing," kata dia. 

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar