Ruang Isolasi Penuh, Jumlah Antrean Pasien Covid-19 ke Ruang Isolasi Terus Bertambah

  Selasa, 22 Juni 2021   Heru Rukanda
Gubernur Jabar Ridwan Kamil saat berkunjung dan memberikan semangat kepada pasien Covid-19 yang dirawat di RSUD dr Soekardjo Kota Tasikmalaya beberapa waktu lalu. (Ayotasik.com/Heru Rukandal

TAWANG, AYOTASIK.COM -- Kasus harian Covid-19 di Kota Tasikmalaya kembali melonjak setelah hari Senin, 21 Juni 2021 hanya terjadi penambahan kasus baru sebanyak 8 orang, pada Selasa, 22 Juni 2021 ini terjadi penambahan kasus baru sebanyak 111 kasus. Penambahakan kasus baru tersebut tentu menambah kasus aktif Covid-19 di Kota Tasikmalaya dari 667 kasus pada hari Senin, 21 Juni 2021, kini menjadi 717 kasus. Hal itu berdampak terhadap keterisian ruang isolasi di beberapa rumah sakit.

Misalnya di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr Soekardjo Kota Tasikmalaya, keterisian ruang isolasi kini sudah lebih dari 100%. Bahkan belasan pasien terkonfirmasi positif Covid-19 terpaksa harus menunggu di Instalasi Gawat Darurat (IGD) sekitar ruang isolasi lama karena tidak adanya ruangan.

Wakil Direktur Umum RSUD dr Soekardjo Kota Tasikmalaya Deni Diyana membenarkan soal kondisi keterian ruang isolasi yang sudah melampaui kapasitas. "Sekarang keterisian ruang isolasi mencapai 120%. Ada sekitar 15 pasien terkonfirmasi positif Covid-19 masih menunggu  di IGD," ujar Deni, Selasa, 22 Juni 2021.

Ia menuturkan, pihaknya saat ini tengah mempersiapkan ruangan untuk menambah kapasitas ruangan isolasi. "Sebenarnya kita sudah menambah lagi ruang isolasi sekitar 20 tempat tidur di lantai 2. Namun itu juga belum bisa memenuhi atau menerima lonjakan pasien yang ada sekarang ini," ucapnya.

Menurutnya, penambahan ruang isolasi hanya satu lantai karena memang pihaknya harus melayani dan menangani pasien lainnya juga, sehingga untuk saat ini belum ada rencana lagi untuk menambah ruang isolasi di lantai 2. "Nanti kita rapatkan lagi di internal bagaimana solusinya," kata dia. 

Antrean pasien terkonfirmasi positif Covid-19 yang belum masuk ruang isolasi juga terjadi di rumah sakit lainnya di Kota Tasikmalaya. Di rumah sakit Jasa Kartini sebanyak 4 orang, di rumah sakit TMC sebanyak 10 orang, dan di rumah sakit Permata Bunda terdapat satu orang.

Berdasarkan data Dinas Kesehatan Kota Tasikmalaya, hingga Selasa, 22 Juni 2021, akumulasi kasus terkonfirmasi positif Covid-19 di Kota Tasikmalaya jumlahnya sebanyak 7.845 kasus. Terdapat penambahan kasus baru sebanyak 111 kasus sehingga total kasus aktif mencapai 717 kasus. 

Sementara itu, untuk total kasus kematian akibat Covid-19 jumlahnya sebanyak 185 orang terkonfirmasi positif Covid-19 dan 55 orang propable, sehingga jumlahnya sebanyak 240 orang. 

 

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar