Nakes Terpapar Covid-19, 9 Puskesmas di Kabupaten Tasik Tutup Sementara

  Selasa, 22 Juni 2021   Irpan Wahab Muslim
Puskesman Tinewati. (Irpan Wahab Muslim)

SINGAPARNA, AYOTASIK.COM -- Meningkatnya angka penyebaran Covid-19 di Kabupaten Tasikmalaya berbuntut pada pelayanan kesehatan di Puskesmas. Setidaknya, 9 Puskesmas di Kabupaten Tasikmalaya terpaksa harus menutup pelayanan karena adanya nakes di puskesmas tersebut yang terpapar Covid-19.

Ke 9 Puskesmas itu di antaranya Puskesmas Sukaresik, Cigalontang, Salopa, Tinewati, Cikalong, Salawu, Jatiwaras, Pancetengah dan Cisayong. Penutupan 9 Puskesmas itu dilakukan untuk sterilisasi dan tracking kontak erat. 

AYO BACA : Di Tengah Kenaikan Angka Covid-19 di Tasik, Nakes Krisis APD

Kepala Bidang (Kabid) Penanganan dan Pencegahan Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan dan Pengendalian Penduduk (DKPP) Atang Sumardi mengatakan, penyebaran Covid-19 di Kabupaten Tasikmalaya bukan hanya menimpa masyarakat biasa. Ada sedikitnya 65 tenaga kesehatan (nakes) yang terpapar. "Jumlah ituda yang bertugas di 9 Puskemas tadi. Makanya ditetapkan untuk menutup pelayanan selama dua sampai tiga hari," ucap Atang, Selasa, 22 Juni 2021.

Atang menambahkan, Nakes yang terpapar sudah dilakukan vaksinasi. Dengan begitu, mereka tidak ada gejala yang membahayakan. Mereka saat ini sedang melakukan isolasi mandiri di rumah masing-masing. "Mereka sedang isolasi mandiri. Pelayanan puskemas sendiri dialihkan ke puskesmas terdekat, " ucap Atang.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar