BPJS Nunggak Pembayaran Rp 21 Miliar ke SMC, Penanganan Pasien Covid-19 Paling Besar

  Rabu, 21 Juli 2021   Irpan Wahab Muslim
RS Singaparna Medika Citrautama (SMC). (Ayotasik.com/Irpan Wahab Muslim)

SINGAPARNA, AYOBANDUNG.COM - Klaim Penanganan pasien Covid-19 dari RS Singaparna Medika Citrautama (SMC) ke BPJS Kesehatan diketahui paling besar dibandingkan dengan klaim jenis penyakit lainnya. Bahkan hingga saat ini, nilai klaim secara keseluruhan mencapai total RpĀ 21 Miliar.

Total tunggakan itu, terhitung dari bulan Maret, April dan Mei tahun ini. Pihak RS SMC pun sudah mengajukan klaim tersebut kepada pihak BPJS Kesehatan. Namun, adanya tunggakan dari BPJS itu, tidak lantas menggangu pelayanan.

"Pelayanan kesehatan di RSUD milik Pemkab Tasikmalaya ini masih berjalan normal dan belum sampai mengganggu peforma," kata Direktur RSUD SMC Kabupaten Tasikmalaya, Iman Firmansyah, Rabu 21 Juli 2021.

Ditambahkan Iman, nilai tunggakan sebesar Rp 21 miliar itu diprediksi akam terus bertambah. Karena penagihan tunggakan hanya tiga bulan. Sedangkan penagihan untuk bulan Juni dan Juli saat ini sedang dalam proses perhitungan dan verifikasi.

Sementara pembayaran pengajuan tunggakan untuk bulan Maret, April dan Mei, lanjut Iman, dipastikan akan cepat. Tetapi tergantung dari verifikator rumah sakit dan verifikator BPJS.

"Jika keduanya lancar, maka ketika diajukan ke Kementrian Kesehatan, biasanya prosesnya juga akan ikut lancar. Kalau yang terlambat pembayaran biasanya masalahnya ada di verifikatornya," ucap Iman.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar