Selain sebagai Lalapan, Daun Singkong Mujarab Obati Kolesterol, Diabetes, hingga Kanker

  Kamis, 22 Juli 2021   Redaksi AyoBandung.Com
Manfaat lain daun singkong. (pyxabay)

BANDUNG, AYOPURWAKARTA.COM -- Orang Indonesia tahu betul nikmatnya olahan daun singkong. Daun singkong kayak akan kandungan seperti kalori, air, fosfor, karbohidrat, kalsium, vitamin C, protein, zat besi, lemak, dan vitamin B1.

Dikenal dengan nama ketela pohon atau ubi kayu yang tumbuh di wilayah Indonesia, singkong pada awalnya dibawa oleh penjajah Portugis ke Maluku sekitar abad ke-16. Kini daun singkong telah menjadi menu andalan di banyak tempat di Indonesia.

Dikutip dari Suara.com -- jaringan Ayobandung.com--berikut ini adalah beberapa manfaat daun singkong yang baik untuk kesehatan:

1. Menurunkan kolesterol

Mengonsumsi daun singkong terbukti dapat menurunkan kolesterol jahat atau yang disebut dengan LDL. Serat yang terkandung lewat daun singkong juga berperan besar bagi kesehatan jantung, mengurangi peradangan, sekaligus menurunkan tekanan darah.

2. Menstabilkan gula darah

Rutin mengonsumsi daun singkong dipercaya dapat menurunkan risiko terkena diabetes tipe-2. Sebab kandungan serat daun singkong juga berkhasiat sebagai obat herbal diabetes, yang menghambat penyerapan gula pada makanan.

Tidak hanya itu, gilkemik indeks atau kadar gula singkong lebih rendah dibanding beras. Inti memberikan efek kenyang sekaligus kandungan mineral yang baik bagi kesehatan.

3. Mencegah kanker

Lewat kandungan zat antioksidan seperti polifenol dapat membantu tubuh dari penyakit kanker. Polifenol lewat daun singkong dipercaya dapat membantu racun dan radikal bebas. Sementara itu, zat klorofil yang ditemukan pada daun singkong memberi sifat antikanker.

4. Mencegah obesitas

Daun singkong dikatakan bisa mencegah obesitas. Terlebih daun singkong memiliki kalori yang rendah dari 20 per 100 gram. Selain itu, daun singkong memiliki kaya akan nutrisi yang bisa membantu tubuh terhindar dari penyakit.

5. Obat arthritis

Penyakit peradangan area sendi atau yang disebut dengan arthritis bisa dicegah dengan cara mengonsumsi daun singkong. Bahkan, daun singkong bisa diminum langsung dengan cara rebus 100 gram batang daun singkong, 15 gram jahe, serai batang dengan 1000 cc air. Setelah jadi, konsumsi minuman ini dua kali sehari di pagi hari dan sore hari.

6. Obat cacing

Penyakit cacingan juga bisa diobati dengan cara alami, salah satunya lewat daun singkong. Terbukti, kandungan daun singkong bisa menghancur cacing yang ada di dalam tubuh, terutama pada masalah pencernaan. Ada caranya, yakni bisa minum ekstrak singkong setelah direbus dengan air. Jangan lupa, pastikan daun singkong sudah dicuci bersih.

7. Menyembuhkan luka luar

Manfaat lain yang tak kalah pentingnya, daun singkong bisa menyembuhkan luka luar. Mulai dari luka ringan sampai luka bernanah. Caranya cukup tutupi luka dengan daun singkong yang sudah dihaluskan, dan tambahkan kain atau perban sebagai pengikat.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar