Taman Wisata Karangresik Dibuka. Pengunjung Tak Hanya Datang dari Tasikmalaya

- Senin, 20 September 2021 | 14:09 WIB
Taman Kota Karangresik Tasikmalaya. (Siska H).
Taman Kota Karangresik Tasikmalaya. (Siska H).

Tasikmalaya, AYOTASIK.COM -- Taman wisata Karangresik Tasikmalaya mulai dibuka. Sejak awal pekan lalu, Pemerintah Kota (Pemkot) Tasikmalaya sudah mulai melakukan uji coba pembukaan destinasi wisata. Pengelola Taman wisata Karangresik, Guntur mengatakan, objek wisata itu kembali dibuka sejak, Senin, 13 September 2021.

Menurut Guntur, pada awal dibuka belum terlalu banyak wisatawan yang datang. Baru pada akhir pekan kunjungan wisatawan terlihat cukup ramai di Karangresik. "Hari biasa kemarin paling yang datang itu puluhan orang. Akhir pekan ini, yang datang bisa sampai 700 orang sehari," kata dia, Ahad, 19 September 2021.

Menurut dia, pengunjung yang datang bukan hanya dari sekitar Tasikmalaya. Banyak pengunjung yang juga berasal dari luar kota. Bahkan, lanjut dia, sudah banyak wisatawan dari luar kota yang bertanya-tanya untuk berkunjung ke Taman wisata Karang Resik.

Meski kunjungan wisatawan cukup ramai, Guntur menilai, penerapan protokol kesehatan (prokes) tetap diawasi secara ketat. Setiap pengunjung yang masuk diperiksa suhu tubuhnya, diberi hand sanitizer, dan diminta memakai masker. Di dalam kawasan objek wisata Karangresi, pengunjung juga diminta selalu menjaga jarak.

Guntur mengatakan, saat ini pengujung yang ingin masuk belum disyaratkan menunjukkan sertifikat vaksinasi. Namun, pengunjung harus tetap menerapkan prokes. Ia menambahkan, kunjungan ke Taman wisata Karangresik juga masih dibatasi, hanya 1.000 orang dalam sehari. "Kalau kapasitas maksimal di sini itu bisa menampung 15 ribu orang. Namun untuk sementara masih dibatasi 1.000 orang per hari, untuk menjaga tidak ada kerumunan," kata dia.

Berdasarkan pantauan Republika, jaringan Ayotasik.com meski terdapat banyak wisatawan, kondisi di Taman wisata Karangserik relatif tak banyak menimbulkan kerumunan. Sebab, di tempat itu terdapat setidaknya empat wahana anjungan utama yang sudah dapat dinikmakti yaitu anjungan Korea (Jeju Park), Jepang (Nagoya Hills), India (The Delhi), dan Yunani (Santorini). Masing-masing anjungan memiliki banyak tempat yang bisa dinikmati, sehingga wisatawan tak berkumpul di satu titik."Namun yang paling banyak dikunjungi saat ini adalah Jeju Park. Karena memang dari awal itu sudah banyak dapat apresiasi," kata Guntur.

Salah satu pengunjung yang datang ke Taman wisata Karangresik, Rivai (25) mengaku senang karena objek wisata sudah kembali dibuka. Sebab, ia sudah merasa bosan dengan pandemi Covid-19 dan ingin menyegarkan pikiran dengan berwisata. "Pas lihat Instagram Karangresik sudah dibuka, saya langsung ke sini sama teman-teman," kata lelaki dari Kecamatan Sukaratu, Kabupaten Tasikmalaya, itu.

Rivai sejak awal memang ingin berkunjung ke tempat itu, lantaran informasi yang didapatkannya mengenai Taman wisata Karangresik cukup baik. Ia juga penasaran dengan anjungan-anjungan yang ada di Karangresik."Yang paling menarik sih Korea dan Jepang. Saya rasa, dengan tiket Rp35 ribu di sini cukup puas buat foto-foto," kata dia.

Salah seorang wisatawan lainnya, Asep (45) juga mengaku penasaran dengan objek wisata Karangresik. Setelah mendatanginga, ia mengaku cukup puas dengan objek wisata itu. "Dapat info dari media kelihatannya bagus, mangkanya saya ke sini sama keluarga sekalian berkunjung ke rumah saudara," katanya.

Sebelumnya, Wali Kota Tasikmalaya, Muhammad Yusuf, saat ini objek wisata di Kota Tasikmalaya sudah boleh dibuka kembali. Sebab, pihaknya sedang melakukan uji coba pembukaan destinasi wisata. "Walaupun kita masih (PPKM) Level 3, pariwisata sudah boleh dibuka untuk uji coba. Syaratnya, prokes harus ketat. Kalau mereka melanggar, kita akan tutup lagi," kata dia. (Bayu Adji P)

Editor: Dudung Ridwan

Sumber: republika.co.id

Tags

Terkini

Jadwal Salat dan Imsakiyah Tasikmalaya

Jumat, 31 Maret 2023 | 02:00 WIB

Cara Menghitung Zakat profesi Beserta Manfaatnya

Kamis, 30 Maret 2023 | 13:25 WIB

Jadwal Salat dan Imsakiyah Tasikmalaya

Kamis, 30 Maret 2023 | 02:00 WIB
X