Ini, Deretan Wisata Pantai Eksotis di Kabupaten Tasikmalaya

- Sabtu, 13 November 2021 | 16:54 WIB
Pantai Cipatujah menjadi salah satu wisata pantai andalan Kabupaten Tasikmalaya. (Irpan Wahab Muslim)
Pantai Cipatujah menjadi salah satu wisata pantai andalan Kabupaten Tasikmalaya. (Irpan Wahab Muslim)



SINGAPARNA, AYOTASIK.COM -- Kabupaten Tasikmalaya memiliki wisata pantai yang eksotis dan tidak kalah indah dibandingkan pantai lainnya yang ada di Jawa Barat. Wisata pantai itu bisa menjadi alternatif untuk menghabiskan waktu liburan bersama keluarga.

Dilansir dari jabarprov, berikut daftar wisata pantai yang ada di Kabupaten Tasikmalaya

1. Pantai Cipatujah

Obyek wisata pantai Cipatujah memiliki luas area kurang lebih 115 hektar. Terletak kurang lebih 74 km dari pusat Kota Tasikmalaya. Pantai Tasikmalaya Selatan memiliki potensi wisata yang tersebar di sepanjang pantai Cipatujah sampai Cikalong.

Letak yang cukup strategis sebagai salah satu obyek wisata yang dijumpai bila melewati jalur Tasik Selatan, selain Pantai Pamayangsari, Pantai Sindangkerta, dan Karangtawulan yang tidak kalah eloknya. Pantai Cipatujah ini hanya berjarak sekitar 97 Km dari Pantai Pangandaran.

Baca Juga: 1.200 Lansia di Kota Tasikmalaya Belum Divaksin, Pemkot Instruksikan Camat dan Lurah Kerja Ekstra

Saat ini, di kawasan wisata Cipatujah telah dibangun kios-kios wisata, gazebo, area bermain anak, menara pandang, masjid, panggung terbuka, penginapan, area parkir yang cukup luas, dan sarana rekreasi lainnya. Pengelolaan obyek wisata Pantai Selatan ini di bawah kendali Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Tasikmalaya.

Seiring dengan perkembangan obyek wisata Pangandaran, dalam jangka panjang Pantai Selatan Tasikmalaya dapat menjadi pelengkap, atau paling tidak menjadi jalur alternatif wisatawan untuk menuju atau jalan pulang setelah dari pangandaran.

2. Pantai Karangtawulan

Pantai Karangtawulan merupakan salah satu pantai yang berkarang curam. Sekitar 300 M dari bibir pantai terdapat beberapa Atol atau Pulau Karang yang pada musim tertentu dihuni berbagai jenis burung.

Berlokasi di Desa Cimanuk Kecamatan Cikalong Kabupaten Tasikmalaya. Berjarak sekitar 97 km dari Pusat Kota Tasikmalaya atau sekitar 40 km dari Pantai Pangandaran.

Kurang lebih 100 m ke arah timur dari Pantai Kawangtawulan terdapat Makam Keramat Syekh Abdul Rohman dan Eyang Garuda Ngupuk dan di sebelahnya terdapat Goa parat dan Goa Lalay.

Apabila menyusuri wilayah Jawa Barat selatan yang menghubungkan antara Pantai Pelabuhan Ratu Sukabumi dengan Pantai Pangandaran Ciamis, tidak ada salahnya mampir untuk beristirahat bersama keluarga atau rombongan di pantai ini.

Pantai yang indah disuguhi beberapa gazebo / saung untuk melihat sejauh mata memandang ke laut lepas membawa nuansa romantis dan kesejukan dikala menghadapi perjalanan yang cukup panjang.

3. Pantai Sindangkerta

Keindahan panorama Obyek Wisata Bahari yang ada di wilayah Kabupaten Tasikmalaya kurang lengkap jika tidak berkunjung ke Pantai Sindangkerta.

Pantai ini hanya berjarak 4 Km dari Pantai Cipatujah ke arah timur. Kawasan wisata sangat cocok untuk tempat wisata baik keluarga maupun rombongan.

Banyaknya pohon besar yang tumbuh di pinggiran pantai dan semilir angin laut menciptakan kesejukan dan menjadikan betah untuk berlama-lama di pantai ini.

Pada obyek wisata akan didapati Taman Lengsar atau Taman Datar, karena terdapat karang yang datar dan cukup luas yang akan jelas terlihat apabila permukaan laut sedang surut.

Pada ujung karang datar ini, biasanya digunakan wisatawan untuk memancing ikan, karena posisinya yang menjorok ke arah laut membuat pengunjung yang hobi memancing kerapkali mendapatkan ikan yang cukup besar.

Fasilitas yang tersedia antara lain terdapat gazebo, kios-kios makanan minuman, tempat bakar ikan dan penginapan Wisma Mutiarasari dengan harga yang relatif terjangkau untuk sebuah kawasan wisata.

Untuk menuju tempat ini, dapat menggunakan bus dari Kota Tasikmalaya dengan tarif sekitar Rp.18.00. Setiap tahunnya pada tanggal 1 Januari , selalu diadakan upacara ritual yang unik yaitu Hajat Lembut Mapag Tahun

4. Pantai Pamayangsari

Pantai Pamayangsari merupakan salah satu obyek wisata bahari yang ada di wilayah Kabupaten Tasikmalaya, tepatnya di Kecamatan Cipatujah.

Pantai Pamayangsari merupakan pantai yang landai dengan panorama alam pesisir yang khas. Bebatasan langsung dengan tempat konservasi penyu hijau yang langka dan dilindung.

Di sebelah timurnya terdapat Pelabuhan Nelayan dan tempat pelelangan ikan. Di sini banyak dijumpai perahu perahu nelayan yang siap untuk mencari ikan di laut lepas, didukung dengan tempat pelelangan ikan menjadikan tempat ini banyak diminati oleh wisatawan yang ingin menyantap hidangan laut yang segar dengan harga yang relatif terjangkau.

Di pantai ini pula akan segera dibangun pelabuhan untuk menunjang arus transportasi laut. Setiap tahun tepatnya setiap awal bulan Muharam tahun hijriyah, dipantai ini selalu diadakan Ritual Syukur Laut yang ditandai dengan pelepasan Jampana ke laut lepas pantai ini berjarak 8 km dari Pantai Cipatujah dan merupakan obyek wisata yang dilalui apabila melakukan perjalanan menyusur jalur Jabar Selatan dari Pelabuhan Ratu Sukabumi sampai Pantai Pangandaran Ciamis.

Jarak dari Pantai Pangandaran sekitar 85 Km yang ditempuh melalui jalan yang menyusuri  sepanjang pantai di wilayah selatan atau dapat ditempuh sekitar 1,5 jam dari Pantai Pangandaran.

Untuk menuju ke tempat ini, dapat menggunakan kendaraan Umum (bus mikro) dari Terminal Tipe A Tasikmalaya jurusan Tasik-Pamayang.

Editor: Dudung Ridwan

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Harga Minyak dan Beras di Pasar Singaparna Naik

Senin, 30 Januari 2023 | 20:12 WIB

Bus Milik PO Budiman Terbakar, Ini Dugaan Penyebabnya

Sabtu, 28 Januari 2023 | 21:18 WIB

Yuk Lengkapi Usaha Dengan PIRT, Ini Manfaatnya

Sabtu, 28 Januari 2023 | 09:36 WIB
X