KPA Kabupaten Tasikmalaya Sebut Kelompok Ini Rentan Tertular HIV AIDS

- Rabu, 10 Agustus 2022 | 09:16 WIB
Ilustrasi -- HIV/AIDS. (Istimewa)
Ilustrasi -- HIV/AIDS. (Istimewa)

SINGAPARNA, AYOTASIK.COM – Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) Kabupaten Tasikmalaya mengemukakan, kelompok heteroseksual menjadi paling rentan dalam penularan HIV AIDS di wilayah Kabupaten Tasikmalaya.  Heteroseksual merupakan ketertarikan romantis ketertarikan seksual atau kebiasaan seksual orang yang berbeda jenis kelamin atau gender dalam pengertian pasangan gender.

“Sekarang yang rentan itu dari heteroseksual. Jadi penularan dari orang yang beresiko terhadap pasangannya. Misalkan laki-laki yang beresiko tinggi terhadap istrinya dirumah, atau dari pekerja seks atau misalkan dari waria terhadap pelanggannya “ ucap Pengelola Program KPA Kabupaten Tasikmalaya Sony Syarif Hanani, Rabu 10 Agustus 2022.

Sedangkan dari kelompok narkoba suntik atau tranfusi darah itu sudah jarang, lanjut Sony, itu terbilang cukup jarang. Karena di Kabupaten Tasikmalaya, penggunaan narkoba menggunakan jarum suntik sangat jarang ditemukan.

Baca Juga: Silaturahmi WR Owner Indonesia (WOI) Sambil Menikmati Indahnya Waduk Darma Kuningan

“Jadi yang paling rentan itu kelompok heteroseksual. Kalau tranfusi darah misakan narkoba suntik itu cukup jarang terjadi. Kasus penularan dari ibu ke anak juga dikita sangat jarang, “ ucap Sony.

Di Kabupaten Tasikmalaya berdasarkan data dari Badan Pusat Statistik, terjadi peningkatan kasus HIV AID selama kurun waktu 2020-2021. Angka penderita HIV AIDS pada tahun 2020 mencapai 83 orang yang terdiri dari laki-laki 55 orang dan perempuan 28 orang. Dari angka itu, 3 orang diantaranya meninggal dunia.

Baca Juga: Angka Penderita HIV AIDS Di Kabupaten Tasikmalaya Meningkat

Sedangkan pada tahun 2021, angka penderita HIV AIDS meningkat tajam menjadi 160 orang. Dengan rincian, 107 laki-laki dan 53 perempuan. Dari jumlah itu, kematian pun mencapai 34 orang.

Editor: Irpan Wahab Muslim

Tags

Terkini

X