Ini Cara Tagana Kabupaten Tasikmalaya Peringati HUT Kemerdekaan RI ke 77

- Rabu, 17 Agustus 2022 | 18:54 WIB
Tangkapan Layar -- Pengibaran Bendera Merah Putih di Curug Cipadaresi Kecamatan Cigalontang Kabupaten Tasikmalaya Oleh Personil Tagana (Istimewa)
Tangkapan Layar -- Pengibaran Bendera Merah Putih di Curug Cipadaresi Kecamatan Cigalontang Kabupaten Tasikmalaya Oleh Personil Tagana (Istimewa)

CIGALONTANG, AYOTASIK.COM – Ada cara unik yang dilakukan oleh FK Tagana Kabupaten Tasikmalaya setiap perayaan HUT Kemerdekaan RI. Mereka  mengibarkan bendera merah putih di tempat yang tidak biasa, seperti cekdam irigasi maupun Curug. Seperti pada peringaan HUT Kemerdekaan RI ke 77 tahun ini, mereka mengibatkan bendera di Curug Cipadaresi Desa Parentas Kecamatan Cigalontang, Rabu 17 Agustus 2022.

Sebelum melakukan pengibaran bendera merah putih, para anggota Tagana yang terdiri dari 7 personil mempersiapkan berbagai alat diantaranya tambang, webbing, tali badan dan lainnya. Para pengibat bendera, merupakan personil yang sudah ahli dalam water rescue dan vertical rescue.

Pengibaran bendera tersebut menggunakan SRT atau " Single Rope Technique", yang dalam praktiknnya tidak mudah dikarenakan besarnya tekanan air terjun dan hembusan angin yang kencang. Terlebih, ketinggian Curug Cipadaresi itu mencapai lebih dari 50 Meter.

Baca Juga: 269 Warga Binaan Lapas Tasikmalaya Dapat Remisi Hari Kemerdekaan

“Ada 7 personil yang terlibat. Mereka merupakan anggota spesialis water dan vertical rescue,” ujar Ketua FK Tagana Kabupaten Tasikmalaya Jembar Adiseyta.

Jembar menambahkan, pengibaran bendera merah putih di tempat yang unik dan tidak biasa sudah berjalan 4 tahun terakhir. Pada tahun 2019, pengibaran bendera merah putih dilakukan di jembatan Ciawi – Singaparna (Cisinga), tahun 2020 di Cekdam Irigasi Cikunten, Tahun 2021 di Curug Moksel Kecamatan Culamega dan tahun 2022 di Curug Cipadaresi Kecamatan Cigalontang.

“Kita sengaja memilih tempat-tempat itu karena kita ingin berbeda dari yang lain. Artinya melakukan pengibaran bendera di ketinggian, “ ujar Jembar.

Baca Juga: Warga Antusias Ikuti Karnaval Kemeriahan Peringatan HUT Kemerdekaan ke 77

Selain alasan mencari hal berbeda yakni pengibaran di ketinggian, lanjut Jembar, pihaknya juga ingin ikut mempromosikan berbagai tempat terutama wisata yang ada di Kabupaten Tasikmalaya.

Halaman:

Editor: Irpan Wahab Muslim

Tags

Terkini

X