Leuwi Eretan, Wisata Alam Unggulan di Cipatujah

- Sabtu, 20 Agustus 2022 | 15:11 WIB
Wisata Alam Leuwi Eretan Kecamatan Cipatujah (Instagram @wisata_leuwieretan)
Wisata Alam Leuwi Eretan Kecamatan Cipatujah (Instagram @wisata_leuwieretan)

CIPATUJAH, AYOTASIK.COM - Selain wisata pantai, Kecamatan Cipatujah juga mempunyai wisata sungai yang sangat eksotis dan menyegarkan. Dengan aliran air yang sejuk dan segar, pengunjung bisa berenang dan bermain rakit. Tempat wisata itu bernama Leuwi Eretan yang terletak di Desa Nangelasari Kecamatan Cipatujah.

Sebelum dibuka menjadi tempat wisata, Leuwi Eretan tidak lebih dari sungai yang membelah wilayah Nangelasari dan Nagrog Kecamatan Cipatujah. Karena memilihi keindahan dan keunikan layaknya Green Canyon di Kabupaten Pangandaran, Leuwi Eratan akhirnya dibuka sebagai tempat wisata.

Dengan dibukanya Leuwi Eratan sebagai tempat wisata, bukan tidak mungkin nantinya akan mengdongkrak perekonomian masyarakat. Selain juga, sebagai pengenalan wilayah Desa Nangelasari kepada khalayak ramai.

Baca Juga: Truk Pengangkut Kopi Masuk Jurang di Gentong Tasikmalaya, Sopir Alami Luka Ringan

Misbah (36) warga setempat menuturkan, Wisata Alam Leuwi Eretan baru dibuka satu tahun yang lalu dan pengelolaannya masih swadaya dari masyarakat. Artinya belum mendapatkan bantuan dari pemerintah daerah.

"Pengelolaanya hanya dari desa dan swadaya masyarakat," ucap Misbah.

Di lokasi Leuwi Eretan, kata Misbah, pengunjung bisa menikmati aliran sungai yang sejuk dan segar. Demi keamanan, disediakan ban bekas sebagai pelampung. Di Leuwi Eretan kedepan juga bisa bermain rakit.

Baca Juga: Wisata Alam Bukit Pangangonan Hill, Menikmati Keindahan Alam Dari Ketinggian

"Kedepan bakal terus ditata dari segi fasilitas, sarana jalan dan tempat parkir. Nanti juga ada lahan untuk agrowisata," ujar Misbah.

Halaman:

Editor: Irpan Wahab Muslim

Tags

Terkini

X