Pemerintah Resmi Menaikkan Harga BBM, Pertalite Jadi Rp. 10.000 Per Liter

- Sabtu, 3 September 2022 | 14:45 WIB
Pemerintah Resmi Menaikkan Harga BBM Terhitung Tanggal 3 September 2022 Pukul 14.00 WIB (Ayobandung.com/Kavin Faza)
Pemerintah Resmi Menaikkan Harga BBM Terhitung Tanggal 3 September 2022 Pukul 14.00 WIB (Ayobandung.com/Kavin Faza)

SINGAPARNA, AYOTASIK.COM – Pemerintah akhirnya resmi menaikkan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) terhitung tanggal 3 September 2022. Kenaikan  harga ini, berlaku bagi BBM non subsidi maupun BBM subsidi.

Dilansir dari Ayosurabaya, kenaikan harga terjadi  pada BBM subsidi jenis Pertalite dari sebelumnya Rp 7.650 per liter menjadi Rp. 10.000 per liter. Selanjutnya, harga BBM jenis Solat naik dari Rp. 5.150 per liter menjadi Rp. 6.800 per liter.

Kenaikan juga terjadi pada BBM non subsidi jenis Pertamax dari sebelumnya Rp. 12.500 per liter menjadi Rp. 14.500 per liter. Pemberlakukan harga terbaru BBM ini, mulai berlaku pukul 14.00 WIB.

Baca Juga: Mobile Vaksinasi, Sasar Warga Belum Dapatkan Vaksin Lengkap Covid-19

Sementara itu, Presiden Joko Widodo mengatakan, kenaikan BBM karena didorong oleh sejumlah faktor. Diantaranya karena tekanan dari gejolah harga minyak dunia. Sebab lainnya, anggaran yang terus meningkat untuk pengadaan BBM subsidi

Di samping itu, BBM subdisi dianggap tidak tepat sasaran, dimana BBM subsidi jenia Pertalite dan Solar banyak digunakan oleh orang mampu.

“lebih dari 70 persen subdisi dinikmati oleh masyarakat yang mampu, yaitu pemilik pemilik mobil-mobil pribadi,” kata Joko Widodo.

Baca Juga: Pulihkan Ekonomi Nasional, bank bjb bersama Pemprov Jabar Tebar Benih Udang Vaname di Kabupaten Pangandaran

Presiden Joko Widodo menambahkan, mengatakan, uang negara harus diproritaskan kepada yang mampu, karena itu pemerintah membuat pilihan yang sulit dengan menaikan harga BBM dan mengalihkan subsidi untuk  tiga bantuan, yakni BLT, BSU, dan DTU. Bantuan tersebut sudah dialokasikan dan diurus oleh instansi bersangkutan.

Halaman:

Editor: Irpan Wahab Muslim

Tags

Terkini

X