Waspada DBD di Musim Hujan, Yuk Kenali Gejalanya

- Jumat, 16 September 2022 | 20:20 WIB
Nyamuk Penyebab DBD (Ilustrasi/pixabay)
Nyamuk Penyebab DBD (Ilustrasi/pixabay)

SINGAPARNA, AYOTASIK.COM – Dalam dua pekan terakhir, wilayah Tasikmalaya kerap kali dilanda hujan hampir setiap hari. Timbulnya penyakit tentunya harus diwaspadai, terutama penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD).

Demam Berdarah Dengue (DBD) disebabkan oleh infeksi virus dengue yang masuk ke dalam tubuh melalui gigitan nyamuk Aedes Aegypti. Nyamuk ini bertelur dan berkembang biak di genangan air, yang banyak dijumpai pada musim hujan.

Dilansir dari alodokter, kita dapat mengetahui gejala yang muncul akibat dari DBD. Diantaranya, demam tinggi mencapai suhu 40 derajat celsius atau lebih, sakit kepala, mual, muntah, nyeri otot, sendi, atau tulang, muncul ruam merah di kulit, nyeri di bagian belakang mata dan kelelahan.

Baca Juga: Suka Ngopi? Ini Manfaat Kopi bagi Kesehatan

Gejala yang ditimbulkan penyakit DBD ini ada dua jenis, yakni gejala ringan dan gejala parah. Untuk gejala ringan, umumnya berlangsung selama 10 hari dan selanjutnya sembuh dengan sendirinya.

Sedangkan untuk gejala parah, DBD bisa menyebabkan penurunan trombosit secara drastis. Kondisi ini bisa berbahaya dan berpotensi menimbulkan komplikasi perdarahan dan syok (dengue shock syndrome).

Pada gejala parah ini, ditandai dengan nyeri perut parah, mimisan, gusi berdarah,  mudah timbul memar di kulit, kedinginan atau menggigil, sesak napas, lemas, muntah terus-menerus dan buang air besar atau kecil disertai darah.

Baca Juga: Ingin Terbebas Dari Demam Berdarah, Berikut Langkahnya

Jika gejala parah tersebut dialami, sebaiknya segera memeriksakan ke dokter atau pusat pelayanan kesehatan terdekat.

Halaman:

Editor: Irpan Wahab Muslim

Tags

Terkini

X