Bulan Ini, Kasus Kematian Covid-19 di Kota Tasik Naik Dua Kali Lipat

- Minggu, 27 Juni 2021 | 17:04 WIB
Petugas pemakaman menguburkan jenazah pasien Covid-19 yang meninggal di TPU Aisha Rashida Kota Tasikmalaya. (Ayotasik.com/Ist).
Petugas pemakaman menguburkan jenazah pasien Covid-19 yang meninggal di TPU Aisha Rashida Kota Tasikmalaya. (Ayotasik.com/Ist).

BUNGURSARI, AYOTASIK.COM -- Kepala Dinas Kesehatan Kota Tasikmalaya Uus Supangat mengatakan, seiring dengan terus bertambahnya kasus Covid-19 di Kota Tasikmalaya maka tiap kasus yang bergejala pun semakin banyak. Konsekuensinya  angka kematian pun meningkat terlebih dalam satu Minggu terakhir ini. 

"Ini kematiannya luar biasa ya jika dibandingkan dengan bulan lalu. Kenaikkannya sampai hari ini kurang lebih seminggu terakhir ini hampir 30%," ujar Uus, Minggu, 27 Juni 2021. 

Menurutnya, jumlah kematian pasien akibat Covid-19 di Kota Tasikmalaya pada Juni ini mengalami peningkatan yang signifikan dibandingkan dengan bulan lalu. Persentase kematian pun yang semula 2% kini menyentuh 3%. Di bulan Juni ini peningkatan kasus kematian sangat mencolok, di mana angkanya 2 kali lipat lebih besar dari bulan Mei 2021 sebanyak 37 kasus.

"Dulu angka kematian di kita 2 persen, sekarang sudah menyentuh 3 persen. Angka kematian ini yang sampai batas seharusnya segera kita tangani," ucapnya. 

Ia menuturkan, pasien-pasien Covid-19 yang meninggal rata-rata pasien yang memang memiliki komorbid atau penyakit penyerta. Beberapa penyakit penyerta yang memperparah kondisi pasien di antaranya panyakit paru, dan penyakit kardiovaskuler atau jantung. 

"Kebanyakan yang meninggal itu usia lanjut yang memiliki komorbid," kata dia. 

Berdasarkan data Dinas Kesehatan Kota Tasikmalaya, akumulasi kasus terkonfirmasi positif Covid-19 hingga Minggu, 27 Juni 2021 jumlahnya mencapai 8.117 kasus. Terdapat penambahan kasus baru sebanyak 10 orang, kasus sembuh 14 orang dan kasus meninggal 3 orang. 

Sementara itu, untuk total kasus aktifnya jumlahnya sebanyak 807 kasus, total kasus sembuh sebanyak 7.092 kasus, dan total kasus meninggal sebanyak 218 kasus. 

 

Halaman:

Editor: Nur Khansa

Tags

Terkini

X